2017, Lampu Penerangan di Tugu Durian Dianggarkan

Tugu Durian. Inilah Tugu Durian di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.

eQuator.co.id – Sukadana-RK. Warga Sukadana mempertanyakan lampu penerangan di sekitar Tugu Durian yang sejak beberapa minggu terakhir tidak menyala. Persisnya, usai pelaksanaan puncak Sail Selat Karimata lampu tersebut tak lagi terlihat menyala.

“Itu lampu dekat Tugu Durian kenapa tidak menyala lagi. Sayang sekali habis Sail langsung tidak menyala,” keluh salah seorang warga Sukadana, Arif, Jumat (18/11).

Menurutnya, lampu penerangan tersebut sangatlah penting untuk keindahan di sekitar Tugu Durian. Apalagi lokasi tersebut berdekatan dengan Masjid Oesman Al Khair. Tentunya apabila lampu tersebut menyala akan menambah keindahan masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Kayong Utara.

“Sayang sekali kalau tidak menyala, itu (lampu) sangat dekat dengan Masjid Oesman Al Khair. Dulu banyak warga yang memanfaatkan berfoto dengan background masjid, sekarang sepi kelihatannya,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) KKU, Hj Hilaria Yusnani menjelaskan, lampu tersebut tidak menyala karena hanya difungsikan sementara untuk pelaksanaan Sail Selat Karimata lalu. Menurutnya, untuk pemasangan permanen tentu harus diajukan permohonan kembali kepada PLN dan hal itu membutuhkan anggaran.

Kata Sekda, Pemerintah Kabupaten Kayong Utara sudah menganggarkan biaya pada 2017 sehingga akan kembali berfungsi pada tahun depan.

“Waktu Sail kemarin memang hanya dipasang sementara, makanya selesai kegiatan langsung dicabut. Untuk pemasangan permanen harus menyampaikan permohonan lagi ke pihak PLN. Dan itu baru dianggarkan tahun 2017. Kalau daya sudah cukup memang dana pemasangan permanen baru disediakan tahun 2017,” jelas Sekda.

Dalam kesempatan itu, mantan Kepala Disdik KKU ini menyayangkan banyaknya fasilitas penerangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang dicuri oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Padahal, fasilitas yang dibangun pemerintah tentunya untuk kepentingan umum dan harus dijaga oleh semua pihak agar memberikan manfaat bagi masyarakat umum.

“Harapan kita masyarakat sama-sama bertanggungjawab atas fasilitas umum. Jangan dirusak dan jangan diambil. Toh yang dirugikan masyarakat sendiri. Harusnya bila melihat fasilitas umum yang kurang rapi masyarakat bisa merapikan,” harapnya.

Ke depan, Sekda menambahkan, melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kayong Utara akan menambah lampu PJU dibeberapa titik yang dianggap perlu untuk dibangun.

“Saya imbau agar masyarakat dapat bersama-sama dengan pemerintah daerah untuk membangun Kabupaten Kayong Utara sehingga ke depan Kayong Utara menjadi kabupaten yang lebih baik,” imbaunya.

Reporter: Kamiriluddin

Redaktur: Andry Soe

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!