Yes! Akhirnya Wakil Ketua DPRD Singkawang Wisuda S1

Sibuk di Dewan, Terus Menuntut Ilmu

343
Sumberanto Tjitra. Mordiadi-RK

eQuator – Singkawang-RK. Dengan kemeja putih dan berdasi garis-garis diagonal warna biru yang dibalut toga atau jubah wisuda (academic dress), Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang, Sumberanto Tjitra nampak tegang. Sesekali, legislator dua periode ini membetulkan topi yang menutupi ubannya.

“Awal saya kuliah pada 2009. Karena keterbatasan waktu kita, akhirnya bisa diwisuda pada tahun keenam ini,” kata Sumberanto yang kini berhak memakai gelar SH (Sarjana Hukum) di belakang namanya.

Sumberanto yang telah berusia 43 tahun merupakan salah seorang dari 53 lulusan Strata Satu (S1) Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Soelthan M Tsafioeddin Singkawang yang diwisuda di Gedung Samudera, Senin (28/12).

Ketua DPD Partai Nasdem Singkawang ini menunggu giliran dipanggil ke depan meja Rapat Senat untuk pemindahan tali toga dari kiri ke kanan. Begitu namanya disebut, Sumberanto langsung berjalan perlahan.

Dia pun berhadapan langsung dengan Ketua STIH Soelthan M. Tsafioeddin Singkawang, HR Suhartoyo SH MH, dosen sekaligus pernah menjadi rekan kerjanya di DPRD Singkawang pada periode pertama.

Suhartoyo yang kini berstatus mantan Anggota DPRD Kota Singkawang pun memindahkan tali toga Sumberanto, dari semula menjuntai di kiri wajah menjadi ke kanan. Keduanya pun melepas senyum sumringah dan bersalaman akrab.

Ditemui usai diwisuda, Sumberanto menyampaikan keinginannya untuk kembali melanjutkan pendidikannya ke Strata Dua (S2) untuk mendapat gelar Magister Hukum (MH). “Menambah pengetahuan dan wawasan kita, dunia akademi ini tidak terbatas. Bisa terus kita lanjutkan tanpa memandang usia,” katanya.

Sumberanto mengharapkan rekan-rekan, temannya dan masyarakat Kota Singkawang pada umumnya untuk bersama-sama meningkatkan sumber daya manusia di Kota Amoy ini, dimulai dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Marilah kita terus memacu semangat belajar kita, agar kita bisa menjadi manusia Indonesia yang memiliki wawasan dan pemikiran yang lebih baik, untuk membangun Indonesia yang lebih baik,” ajak Sumberanto.

Kendati rambut sudah memutih, anak pun sudah besar, Sumberanto masih memiliki semangat yang tinggi untuk menyelesaikan dan melanjutkan pendidikannya.

“Memang sejak kecil saya punya keinginan dan ketertarikan untuk menyelesaikan studi, minimal S1 ini. Kalau ada kesempatan saya akan melanjutkan ke S2. Saya suka belajar,” kata Sumberanto.

Dia juga mengharapkan, masyarakat Kota Singkawang yang telah memberikan kepercayaan kepadanya duduk di kursi DPRD Singkawang selama dua periode, untuk terus melanjutkan pendidikan. “Jangan hanya pusat menjadi tamatan SMP atau SMA. Tingkatkan pengetahuan dan wawasan di otak kita dengan pendidikan yang lebih baik,” ujar Sumberanto.

Semua warga Singkawang, lanjut Sumberanto, terutama para orangtua, hendaknya terus membina anak-anaknya, memberikan dukungan dan motivasi supaya mereka memikirkan jenjang pendidikan yang lebih baik lagi ketimbang jenjang pendidikan saat ini.

Di tempat sama, Walikota Singkawang, Drs. H Awang Ishak MSi yang memberikan selamat kepada Wakil DPRD Kota Singkawang Sumberanto Tjitra SH menyambut baik wisuda mitranya di pemerintahan itu. “Baguslah sudah mendapatkan gelar pendidikan,” kata Awang.

Dengan gelar yang disandangnya ini, Awang berharap, DPRD Kota Singkawang menjadi lebih produktif dalam menghasil produk hukum, yakni Peraturan-peratura Daerah (Perda). “Mudah-mudahan, pengetahuan yang diperolehnya (Sumberanto, red) di bangku kuliah bermanfaat bagi Perda yang dihasilkan Kota Singkawang,” harapnya.

Awang mengingatkan, dengan telah menyandang gelar SH tersebut, tentunya produk hukum yang dihasilkan DPRD Kota Singkawang akan lebih baik lagi. “Jangan buat Perda asal-asal. Perda yang baik tentunya dihasilkan orang-orang yang tidak asal selesai kuliah, asal jadi sarjana dan lainnya, atau sarjana asal-asalan yang begitu diajak diskusi malah jadi penonton, karena tidak PD (Percaya Diri) atau karena tidak memiliki pengetahuan,” paparnya.

Sementara itu, Ketua STIH Soelthan M Tsafioeddin Singkawang, HR Suhartoyo ketika dimintai tanggapan terkait wisuda mantan rekannya di legislatif dan kini menjabat Wakil Ketua DPRD Singkawang, dia enggan bicara banyak. “Itulah,” singkatnya.

Laporan: Mordiadi

Editor: Mohamad iQbaL