Wartawan Bukan Musuh Polisi

37
BUKAN MUSUH. Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Suhadi SW (paling ujung) didampingi Kapolres AKBP Yury Nurhidayat memaparkan progam kemitraan dengan wartawan di Mapolres Sekadau, Senin (8/1). ABDU SYUKRI

eQuator.co.id – Sekadau-RK. Polda Kalbar mengingatkan jajarannya untuk bekerjasama dengan semua pihak, termasuk kalangan media. Bahkan polisi disuruh terus menjalin kemitraan dengan wartawan.

“Jangan jadikan wartawan itu musuh. Jadikan sebagai kawan,” tegas Kombes Pol Suhadi SW, Kepala Bidang Humas Polda Kalbar saat mengisi materi peningkatan peran kehumasan di Mapolres Sekadau, Senin (8/1).

Penegasan Suhadi ini, dikarenakan antara wartawan dan polisi saling membutuhkan. Kedua element ini harus menjaga kemitraan yang baik.

“Mitra ini, artinya antara wartawan dan polisi itu sejajar. Jangan merasa tinggi atau menyombongkan diri. Tidak ada anak buah. Sebab kalau itu ada, berarti ada bapak buah,” kata Suhadi sedikit bercanda.

Polisi, tegas Suhadi, membutuhkan pemberitaan media, agar apa yang menjadi program kepolisian, bisa didengar dan diketahui oleh masyarakat. Atas dasar itu, diharapkan tingkat kepercayaan atau kecintaan masyarakat kepada polisi akan lebih baik. “Itu penting untuk membangun trust (kepercayaan),” imbuhnya.

Suhadi juga berharap seluruh jajaran kepolisian di Kalbar, termasuk di Kabupaten Sekadau untuk proaktif memberikan atau membagi informasi kepada media, terkait apa yang sudah dilakukan. Informasi itu tidak hanya menyangkut dengan persoalan penegakan hukum seperti penangkapan dan sebagainya.

“Tapi hal-hal yang berkaitan dengan human interest, juga bisa dibagikan kepada wartawan untuk menjadi bahan pemberitaan. Seperti polisi menambal jalan, bhakti sosial lainnya. Termasuk berkunjung ke berbagai daerah dalam hal penyuluhan hukum,” imbuh Suhadi.

Facebook Comments