Warga Terbantu Pengobatan Gratis PMI

281
Tensi darah : Akhmad Dayu, salah seorang warga KM 7 Jalan Sekadau-Sintang tengah mengecek tensi darahnya di posko kesehatan PMI, Minggu (3/12). (Abdu Syukri)

eQuator – Sekadau-RK. Jajaran Palang Merah Indonesia (PMI) Markas Daerah (Mada) Kabupaten Sekadau menggelar pengobatan gratis kepada warga Sekadau, Minggu (3/1). Pengobatan dimaksud dilakukan di Posko Kesehatan Jalan Sekadau-Sintang, KM 7, RT 16, Desa Mungguk, Sekadau Hilir.

“Kita sangat terbantu dengan adanya pengobatan gratis ini,” ujar Akhmad Dayu, salah seorang warga KM 7 Jalan Sekadau-Sintang dijumpai saat berobat di Posko Pengobatan PMI, kemarin siang.

Amat, sapaan akrabnya, mengaku sejak beberapa pekan ini sering mengalami sakit di dada sebelah kirinya. Ia pun tidak menyia-nyiakan keberadaan posko pengobatan gratis PMI tersebut untuk berkonsultasi terkait problem kesehatan yang dialaminya. “Tadi sudah diperiksa dan diberi obat, ndak bayar,” akunya.

Meski sudah cukup lama sakit, namun ia mengaku jarang cek ke RS atau Puskesmas. “Mumpung sekarang ada dekat rumah, ya periksa lah. Kan ndak bayar, bisa dekat lagi dari padah harus ke rumah sakit, jauh dan biasaya ngantre lama,” tutur Amat sumringah.

Pengobatan gratis itu sengaja dilakukan pihak PMI Sekadau berdasarkan arah dari PMI Pusat. “Pengobatan itu dilakukan dalam rangka pelaksaan program Rumah Sehat,” ujar Ketua PMI Kabupaten Sekadau, dr H Wirdan Mahzumi M Kes melalui Kepala Bidang Dana dan Organisasi Mada PMI Sekadau, Afrizal A Md Keb kepada Rakyat Kalbar, kemarin.

Program rumah sehat itu merupakan program PMI Pusat. Kegiatan yang mencapuk pelayanan kesehatan gratis dan promosi kesehatan itu dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Di Sekadua, program itu dilakukan atas kerjasama PMI Mada Sekadau dan PMI Mada Kalbar.

“Pengobatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian PMI terhadap masalah kesehatan masyarakat. Dengan pengobatan ini, kita berharap masyarakat Sekadau bisa tetap sehat,” imbuh Izal, sapaan akrab Afrizal.

Selain di Sekadua, progam pengobatan gratis itu juga dilakukan jajaran PMI di Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu. Bersama Sekadau, tiga kabupaten tersebut masuk dalam PMI Wilayah Timur Regional 3.

Di Sekadau, pengobatan gratis dipusatkan di Klinik Dokter Wirdan. Sedikitnya ada satu orang dokter, yakni dokter Fitri, dua perawat, dan empat relawan PMI yang dilibatkan dalam pelayanan pengobatan gratis tersebut.

“Pengobatan gratis yang kita lakukan adalah untuk kesehatan dasar. Sementara jika pasien butuh rujukan ke rumah sakit, biaya rujukan akan ditanggung PMI. Tapi biaya perawatan di RS menjadi tanggung jawab pasien, jika pasien itu tidak memiliki BPJS,” jelas Izal.

Khusus di Sekadau, pengobatan gratis itu dilakukan selama dua pekan, mulai tanggal 2 Januari lalu hingga 15 Januari mendatang. Mulai tanggal 10 Januari mendatang, PMI Sekadau juga akan melaksanakan layanan kesehatan berbentuk mobil keliling dan promosi kesehatan.

Mobil keliling sendiri adalah layanan kesehatan gratis yang dilakukan dengan cara jemput bola. Artinya, petugas PMI akan mendirikan tenda pelayanan kesehatan yang recananya dilakukan di Desa Peniti, dan komplek Steigher Penyeberangan Pasar Sekadau.

Sedangkan promosi kesehatan adalah program konsultasi dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat. Diantaranya penyuluhan PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat), Kesling, Kesehatan Jiwa, Ibu dan Anak, DBD, dan lai-lain.

“Kita mengimbau kepada masyarakat untuk datang saja ke pusat layanan kesehatan itu. Kita tidak membatasi jumlah peserta. Semua akan dilayani secara gratis,” tukas Izal.

 

Reporter: Abdu Syukri

Editor: Kiram Akbar

Jadwal Pengobatan Gratis PMI Sekadau

No Nama Kegiatan Tempat Waktu
1. Pengobatan gratis Klinik dr Wirdan 02-10 Januari 2015
2. Mobile keliling & Promosi Kesehatan Kantor Desa Peniti 10-11 Januari 2015
3. Mobile keliling & Promosi Kesehatan Stigher Pasar Sekadau 12-15 Januari 2016

Data : Abdu Syukri, ST                                                           Sumber : PMI Mada Sekadau