Vivi Pebasket Muda Berbakat Kalbar

Ikut TC di Amerika Bersama 23 Atlet Terbaik se Indonesia

31
MENUJU AMERIKA. Sebelum berangkat ke Amerika, Natalia Vivi didampingi sang ayah berfoto bersama perwakilan pengurus Perbasi Kalbar, KONI Kalbar, pelatih dan para pembimbingnya di Kantor KONI Kalbar, Kamis (1/2). Dedy W Kurniawan for RK

eQuator.co.id – PONTIANAK-RK. Atlet basket asal Kalbar, Natalia Vivi mendapatkan kesempatan emas untuk meningkatkan kemampuannya dalam Training Camp (TC) di Amerika Serikat. Gadis 17 tahun ini bergabung bersama 23 atlet terbaik lainnya se Indonesia.

Vini ke Amerika lantaran sebelumnya menjadi pebasket muda terbaik pada pagelaran Honda Dream Basket League (DBL) 2017 region Kalbar. Atas raihan prestasinya, akhirnya Vivi beserta tim basket Putri SMA Santo Petrus berhak mengikuti final DBL 2017 di Surabaya. Kemudian Vivi lolos dan terpilih untuk mengikuti DBL All Star TC di Kota Los Angeles (LA), Amerika Serikat.
“Setiap tahun ada kompetisi DBL di Surabaya. Nanti dipilih beberapa pemain cewek-cowok terbaik. Kemudian diseleksi dan diikuti lagi di Surabaya. Itu ramai banget, takut gak terpilih, karena ramai, dan di posisi saya sebagai Center juga ramai, tapi Puji Tuhan terpilih untuk berangkat,” terang Vivi saat ditemui Rakyat Kalbar di Kantor KONI Kalbar, Kamis (1/2).
Selama di Surabaya kata gadis cantik ini, banyak seleksi yang harus ia jalani. Dihari terakhir, mereka dibagi menjadi beberapa tim. Mereka dikelompokkan berbeda untuk melihat kemampuan secara individu dan tim.
“Banyak penilaian seperti fisik, fundamental, dasar-dasarnya apakah bagus atau tidak, bagaimana dari individu kita untuk berkontribusi bersama tim,” ceritanya.
Vivi bermain basket sejak kelas 1 SMP. Sejauh ini keluarganya selalu mendukung hobinya ini, terutama sang ayah. Dirnya berambisi besar kelak bermain untuk Timnas Indonesia.
Berdasarkan informasi yang diterimanya, di Amerika nanti di bersama lainnya akan ada study tour. Berkunjung ke Universitas di Amerika sekaligus belajar serta sparing bersama tim basket. “Seperti belajar sambil olahraga. Dan itu selama satu minggu,” jelasnya.
Vivi mengaku bahagia mendapatkan kesempatan istimewa belajar ke Amerika. Tidak semua atlet bisa menempa keahlian ke negara yang memiliki banyak pemain hebat basket tersebut. Menurutnya, ini merupakan impian dan juga langkah awalnya.
Diakui anak pertama dari empat bersaudara ini, keberhasilannya lolos mengikuti program latihan di Amerika berkat bantuan banyak pihak. Baik rekan-rekan satu tim, pelatih, guru, orangtua dan Pengprov Perbasi Kalbar. “Saya mengucapkan banyak terima kasih tanpa terkecuali kepada pihak-pihak yang membantu saya,” lugasnya.
Kesempatan ke Amerika ini akan dimanfaatkan betul oleh Vivi. Di negeri Paman Sam itu, dia akan bertemu langsung dengan para pelatih basket terbaik dunia serta para pemain National Basket Association (NBA). “Saya ingin menyerap berbagai ilmu yang diberikan di sana,” ucapnya.
Vivi berasal dari Tim SMA Santo Petrus Pontianak. Kini dia menjadi salah seorang dari 20 atlet muda yang bermain untuk Tim Basket Putri Merpati Bali di Srikandi Cup 2017/2018. Srikandi Cup merupakan kompetisi basket putri nasional yang diikuti oleh delapan tim yakni Surabaya Fever, Sahabat Semarang, Merpati Bali, Merah Putih Samator Jakarta, Tanago Friesan Jakarta, Tenaga Baru Pontianak, Flying Wheel Makassar dan GMC Cirebon.
Ayah Vivi bernama Norman, anggota Polsek Pontianak Kota yang berasal dari Darit Kabupaten Landak. Sedangkan ibunya bernama Maria Densri dari Bodok Kabupaten Sanggau.

Sebelum berangkat ke Amerika, Vivi didampingi sang ayah dan perwakilan pengurus Perbasi Kalbar berkunjung ke Kantor KONI Kalbar. Ketum KONI Kalbar H. Fachrudin Siregar di dampingi Wasekum KONI Kalbar Dedy W Kurniawan tampak dengan senang dan bangga menyambut rombongan Vivi.

“Hari ini kami di Kantor KONI Kalbar kedatangan tamu istimewa, atlet basket muda berbakat dan penuh prestasi, satu satunya pebasket wanita yang lolos mengikuti TC di Amerika bersama Tim DBL,” kata Wasekum KONI Kalbar Dedy W Kurniawan.

Dikatakannya, KONI Kalbar sekaligus melepas Vivi yang akan berangkat besok (hari ini, red) menuju Amerika. Vivi akan bergabung dengan 23 pebasket lainnya dari seluruh Indonesia di Surabaya. “Akan transit di Changi Airport dan melanjutkan pernerbangan menuju Los Angeles, Amerika,” jelas Dedy.

Ketum KONI Kalbar Fachrudin Siregar menyampaikan kebanggaanya atas prestasi Vivi. KONI kata dia, akan terus mensupport para atlet Kalbar yang berprestasi termasuk salah satunya Vivi. Dalam Kesempatan ini Ketum KONI Kalbar menyerahkan uang, motivasi dan bantuan sepatu basket, jersey dan bola.
“Sebagai bentuk dukungan, banyak yang akan kita berikan kepada Vivi karena sudah berpretasi di tingkat nasional. Vivi berhak mendapatkan intensif per bulan melalui KONI Kalbar,” tutur Fachrudin.
Tidak hanya itu, KONI Kalbar juga sudah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Untuk menjamin masa depan para atlet yang berprestasi akan mendapatkan akses pendidikan yang terbaik. Seperti mendapatkan beasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kalbar. Bahkan KONI juga telah bekerja sama dengan Polda Kalbar melalui jalur atlet berprestasi yang ingin masuk kepolisian.

Sementara Pelatih SMA Santo Petrus, Eka Bagus mengatakan,
Vivi merupakan talenta terbaik yang dimiliki timnya. Vivi banyak memberikan gelar juara. Dia menjadi motor serangan timnya. “Vivi saat ini masuk Tim Basket Putri Merpati Bali yang sedang berkompetisi Srikandi Cup Nasional 2017/2018,” jelasnya.
Eka optimis, ke depannya Vivi bisa semakin bersinar dengan bakatnya yang sangat besar dimilikinya. Apalagi ditunjang dengan kedisiplinan dan semangat yang pantang menyerah, Vivi masih akan bisa berkembang. “Saya berharap, Vivi memanfaatkan keikutsertaannya ke Training Camp di Amerika. Karena Amerika merupakan tempatnya cabang olahraga basket berkembang  dan NBA pun sangat terkenal,” tutur Eka.
Ketua Sporta Ekskul Kalbar, Ongky Lesmana mengaku sangat bangga dengan keberhasilan anak asuhnya itu. Karena bisa berlatih di negara yang cabang olahraga bola basket sangat berkembang.  “Saya berharap, Vivi bisa memaksimalkan kesempatan ini,” ujar pria yang selama ini turut mendampingi Vivi.
Menurutnya, keberhasilan Vivi lolos ke Amerika melalui Grand Final DBL 2017 menunjukkan Cabor basket Kalbar terus berkibar. “Sudah bangkit, dengan mencetak para pemain muda terbaik,” ucapnya.

Ia menyakini, ke depannya basket bisa jadi salah satu andalan Kalbar di berbagai pentas nasional. Karena ini Kalbar memiliki pemain basket dengan talenta apik dan sudah diakui nasional.
“Target kita ke depannya bisa tampil apik di Pra-PON dan lolos ke PON XX 2020 di Papua,” tutur Ongky.
Ketua Harian Perbasi Kalbar, Thomas Sidi menyambut baik atas keberhasilan Vivi mengikuti TC di Amerika. Ia pun mengucapkan selamat untuk gadis tersebut dan berharap Vivi bisa terus berkembang.
“Semoga ke depannya bisa semakin bagus mainnya. Jadi tumpuan Kalbar di berbagai kejuaraan. Kita sangat mendukung talenta terbaik, sebagai aset Kalbar,” tutup Thomas.

Laporan: Maulidi Murni

Editor: Arman Hairiadi