Usulkan Pemasangan Jaringan di 24 Titik

129
ilustrasi. net

eQuator – Sanggau-RK. PT. PLN (Persero) Cabang Sanggau terus berupaya meningkatkan jaringan listrik hingga ke desa-desa. Namun, tidak semua usulan yang disampaikan bisa langsung terealisasi.

“Kalau data pasnya saya kurang tahu, tapi kalau yang diusulkan banyak. Ada sekitar 24 lokasi di Kota Sanggau dan ini nambah terus,” kata Manajer PLN Rayon Sanggau Kota, Yuriza saat ditemui di kantornya, Selasa (05/01.

Akan tetapi, lokasi yang akan dibangun ditentukan PLN Wilayah Kalbar berdasarkan jumlah penduduk, jarak antara tiang induk dan kondisi. “Kalau pastinya lokasi mana-mana yang dibangun di tahun 2016 ini saya belum tahu,” ujarnya.

Hingga saat ini sekitar 70 persen dari jumlah Kepala Keluarga (KK) di Sanggau Kota sudah menikmati listrik. “Tapi itu termasuk masyarakat yang menikmati listrik non PLN, seperti PLTMH dan PLTS,” terangnya.

Sementara untuk saat ini, koondisi daya PLN mengalami surplus sekitar 5 MW. “Cuma saat ini kan PLTU yang merupakan unit termasuk dengan pembangkit multi material. Kalau ada satu multi material mengalami gangguan, tetap terjadi pemadaman, walaupun dia pemeliharaannya sebentar-sebentar tetapi pemadamannya juga hari itu,” ujarnya.

Berdasarkan jumlah surplus tersebut, diperkirakan PLN mampu menambah pelanggan baru sekitar 5000 pelanggan jika setiap KK terpasang 1300 KWH. “Kalau untuk pelanggan rumah tangga sih masih bisalah,” pungkasnya. (KiA)