Ustad Asal Belum Pernah Jadi Imam di Masjidilharam

20
HOAX

eQuator.co.id – BEBERAPA hari terakhir, netizen mendapatkan banyak kabar tentang kiprah pemuda asal Kalimantan yang disebut menjadi imam di Masjidilharam. Pria tersebut bernama Asal bin Yanto Albanjari. Ternyata, Ustad Asal bukan imam salat di Masjidilharam. Tapi, menjadi imam salat di beberapa masjid di Makkah.

”Mau nanyak nii.. Kenapa kalo yg ini ko sepi dari media ya, padahal ini putra Indonesia yg jadi imam di Masjidilharam. Mohon shared sebanyak-banyaknya”. Begitulah status yang diunggah Muh. Shafie Abdullah di sebuah grup Facebook.

Status Muh. Shafie Abdullah itu disertai dua buah foto, dua buah video, dan sebuah kliping berita dari Radar Banjarmasin (Jawa Pos Group). Jadi aneh sebenarnya kalau Muh. Shafie Abdullah mengatakan kiprah Ustad Asal bin Yanto Albanjari sepi dari pemberitaan media. Sebab, dia sudah bisa menemukan berita soal Ustad Asal dari media mainstream.

Keanehan kedua, di berita Radar Banjarmasin tersebut sebenarnya sudah dijelaskan bahwa Ustad Asal bukan imam di Masjidilharam. Tapi, dia menjadi imam tetap di beberapa masjid di Makkah. Misalnya, Masjid Al-Bashawiri, Asyur Bukhari, Ar-Ridha, Syekh bin Utsmain, Masjid bin Laden, dan Masjid Birrul Walidain.

Jurnalis Radar Banjarmasin yang melakukan wawancara langsung dengan Ustad Asal sama sekali tak menyebutkan bahwa pria asal Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, itu menjadi imam di Masjidilharam. Berarti bisa disimpulkan, Muh. Shafie Abdullah tidak membaca berita Radar Banjarmasin secara utuh.

Kementerian Agama juga mengeluarkan rilis terkait viralnya Ustad Asal yang disebut sebagai ustad di Masjidilharam. Rilis itu dikeluarkan karena baru-baru ini Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertemu dengan Asal bin Yanto Albanjari di Kantor Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Makkah.

Menag sempat menanyakan berita bahwa Asal juga menjadi salah satu imam salat di Masjidilharam. Dan, kabar itu dibantah tegas oleh Asal. ”Cerita tentang kalau saya menjadi imam di Haram itu tidak benar. Tapi, kalau menjadi imam di beberapa masjid di Makkah, itu benar,” ujarnya saat berbincang dengan Menag di Kantor Daker Makkah Sabtu (10/6). Ustad Asal menyatakan sudah terbiasa menjadi imam di beberapa masjid di Makkah.

Dalam kesempatan tersebut, Menag meminta Asal bin Yanto Albanjari membacakan sejumlah ayat. Ustad Asal membacakan ayat 35–37 surah Ibrahim. Menag mengapresiasi kefasihan dan keindahan suara Ustad Asal dalam melantunkan ayat Alquran. Menag berharap Ustad Asal terus maju mengharumkan nama Indonesia dalam kiprahnya sebagai imam di banyak masjid di Makkah Al Mukarramah.

Ustad Asal lahir di Makkah pada 1997. Dia menghafal Alquran sejak 2006 dan mengkhatamkan hafalannya dalam qiraat Ashim riwayat Hafs pada 2012. Pada acara haflah tahunan santri tahfiz (penghafal Alquran), dia mendapat tugas membaca beberapa ayat Alquran tentang kewajiban puasa. Videonya viral di media sosial.

Yanto, ayah Ustad Asal, sudah puluhan tahun bermukim di Saudi. Tahun ini dia ikut bergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dari unsur tenaga musiman. Dia bertugas di bagian layanan transportasi jamaah haji Indonesia di wilayah Syib Amir, Makkah. (Jawa Pos/JPG)

FAKTA: Ustad Asal bin Yanto Albanjari belum pernah menjadi imam salat di Masjidilharam seperti pesan yang viral di media sosial. Tapi, dia sudah biasa menjadi imam di beberapa masjid di Makkah.