Unik dan Ramai, Turis Belgia Terkagum-kagum

Lomba Galaksi Gerakan Pramuka

25
TURIS BELGIA. Merry, turis asal Belgia berkomunikasi dengan para peserta lomba Galaksi 2017 di lapangan MTs Negeri 1 Pontianak, Sabtu (28/10). Rizka Nanda-RK

eQuator.co.idPontianak-RK. Sorak-sorai kegiatan lomba Gelar Aksi Ketrampilan dan Ketangkasan (Galaksi) yang digelar Gerakan Pramuka Gugus Depan H. Agus Salim (Jiguslim) di halaman MTs Negeri 1 Pontianak ternyata mengundang penasaran wisatawan asal Begia, Merry, Sabtu (28/10). Menurutnya, kegiatan Pramuka di Indonesia sangat unik dan ramai.

Bule cantik berambut pirang itu mengatakan, di negara asalnya, tidak pernah ada perlombaan seperti ini. “This activity is very exciting, and i love Scout Indonesia,” kata Merry.

Galaksi ini diselenggarakan hingga hari ini, Minggu (29/10). Kegiatan ini diikuti Pramuka Siaga dan Penggalang yang ada di Kota Pontianak. “Galaksi yang dilaksanakan tahun ini merupakan ketiga kalinya,” kata Ketua Panitia Pelaksana Galaksi, Arif Fajri Rahman. Kegiatan ini sebagai wadah untuk meningkatkan kreativitas anggota Gerakan Pramuka Gugus Depan Jiguslim maupun anggota Pramuka Siaga dan Penggalang di Kota Pontianak. “Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kreativitas dan semangat sportivitas anak-anak pramuka sekarang, makanya pada Galaksi tahun ke tiga ini kami mengangkat tema ‘Terampil Bergembira Berprestasi’,” terangnya.

Galaksi Jiguslim Tahun 2017 terbagi dua kategori lomba. Kategori untuk Pramuka Siaga memperlombakan 6 cabang lomba. Diantaranya, lomba ketrampilan baris-berbaris, yel-yel, hasta karya, lomba cepat tepat dan lainnya. Sedangkan untuk kategori Pramuka Penggalang memperlombakan 8 cabang diantaranya, semaphore dance, lomba cepat tepat, hasta karya, SMS, estafet sandi, tundang melayu, pionering dan tari melayu. “Untuk seluruh kegiatan baik yang sifatnya lomba maupun pertandingan kita laksanakan selama dua hari,” ujarnya.

Peserta tidak menginap. Kecuali yang jauh dan berkeinginan menginap pihaknya menyiapkan penginapan.

Menurutnya, terlaksananya Galaksi ini tidak lepas dari bantuan semua pihak. Terutama Kepala MTs. Negeri 1 Pontianak yang sangat mendukung kegiatan kepramukaan berkembang di sekolah. “Saya mengucapkan banyak terima kasih untuk semua pihak yang sudah membantu kegiatan Galaksi terutama Kepala MTs Negeri 1 Pontianak serta seluruh panita maupun Kakak Pembina,” ucapnya.

Kegiatan Galaksi Jiguslim 2017 dibuka secara resmi oleh Kepala Tata Usaha Kementerian Agama Kota Pontianak, Sunardi. Dalam sambutannya, Sunardi menyampaikan, beberapa hal penting mengenai kegiatan kepramukaan. Diantaranya, bahwa kegiatan pramuka memiliki efek positif terhadap anak-anak pramuka itu sendiri. “Dengan adanya kegiatan kepramukaan anak-anak bisa menambah wawasan agama dan ilmu lainnya dalam rangka membina akhlak yang mulia,” terangnya.

Dikatakan Sunardi, melalui kegiatan kepramukaan pula akan membentuk semangat kebangsaan dan kecintaan terhadap tanah air dan bela negara. “Sehingga generasi muda Indonesia yang lahir dari kegiatan yang positif seperti pramuka akan melahirkan generasi yang baik pula,” harap Sunardi.

 

Laporan: Rizka Nanda

Editor: Arman Hairiadi