Tuntaskan Pengiriman Logistik

69
LOGISTIK: Logistik Pilkada Kapuas Hulu yang didistribusikan KPU Kapuas Hulu ke lima Kecamatan, Kamis (3/12). Arman Hairiadi-RK

eQuator – Putussibau-rk. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu, menyelesaikan distribusi logistik Pilkada di lima PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), yakni di Kecamatan Embaloh Hulu, Batang Lupar, Badau, Empanang dan Puring Kencana.
“Dari PPK ke PPS (Panitia Pemilihan Suara) kita berikan kewenangan penuh ke mereka di PPK untuk mengatur jadwal distribusi selanjutnya,” ungkap Awang Ramlan Iskandar, Komisioner KPU Kapuas Hulu, Kamis (3/12) di KPU Kapuas Hulu.
Dikatakan Awang, untuk daerah Hulu Kapuas, sudah didistribusikan petugas KPU ke PPK pada 1 Desember kemarin. Menurut informasi di PPK sudah bergeser ke PPS pada 2 Desember di Desa yang jauh, seperti Desa Kreho, Bungan Jaya dan Tanjung Lokang. Awang pun bersyukur selama proses distribusi ke daerah yang jauh tidak ada kendala. Semua logistik dipastikan sudah sampai ditingkat PPK.
“Hanya saja yang menjadi catatan kita daerah Hulu Kapuas. Tanjung Lokang dan Kreho ada dua Dusun yang memang jarak dan akses sulit,” katanya.
Ditambahkan Awang, apabila ada kondisi yang tidak memungkinkan dalam proses logistik ini, KPU sudah berkoordinasi dengan Panwaslu dan Panwascam untuk melakukan langkah taktis. Untuk pengamanan diserahkan semua pada pihak kepolisian dan di backup oleh TNI. “Logistik tersebut ada yang di dalam dan luar kotak suara. Semua dalam keadaan tersegel. Pengecekan terakhir dilakukan pada saat kita menyerahkan ke PPK,” jelas Awang.
Surat suara dalam sampul dengan kondisi tersegel, dikatakannya hanya boleh dibuka mendekat hari pencoblosan. Dalam paket logistik tersebut ada surat suara, tinta, alat coblos dan salinan Daftar Pemilih Tetap (DPT) “Semua logistik memenuhi standar Pemilu, sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2015 dan juga surat dari KPU 113,” tutup Awang. (aRm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here