Toyota Sienta, Senjata Pamungkas

66
Mobil Toyota Sienta yang dipamerkan di Ayani Megamall Pontianak. Syamsul Arifin-RK

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, Toyota memperkenalkan mobil terbarunya, Sienta Seri V. Kemungkinan besar, inilah senjata terakhirnya untuk bersaing di pasar otomotif Indonesia, khususnya di Kalbar.

“Toyota Sienta tentunya memiliki keunggulan masing-masing yang akan dijadikan andalan dalam promosi penjualannya,” kata Rama Asparangga, Sales Executive Toyota, ditemui di Pameran di Ayani Megamall Pontianak, kemarin.

Toyota Sienta ini banyak jenisnya. Mulai dari Sienta G, Sienta X, Sienta Hybrid G, hinga model khusus seperti Modelista dan TRD Sportivo versi standar dan hybrid. “Untuk Kalbar, model Sienta yang akan dipasarkan memiliki seri E, G, V, dan Q,” ungkap Rama.

Pastinya, tegas Rama, default desain Toyota Sienta ini diusung eksterior yang menawan. “Sehingga Toyota Sienta akan semakin menarik para pecinta otomotif dengan berbagai macam pilihan layout interior yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan,” katanya.

Untuk urusan tempat duduk, secara default Toyota Seinta menawarkan up to 7 Seat, yang tentunya cocok dengan keadaan di Indonesia. Pada sektor pacunya, Toyota Sienta menggendong mesin dengan kubikasi 1500 cc, di mana mesin tersebut dilengkapi juga dengan teknologi terbaru.

“Teknologi tersebut salah satunya yaitu full injeksi yang bisa menghemat bahan bakar dengan sistem pembakaran yang lebih sempurna. Ditambah dengan fitur-fitur keamanan dan keselamatan seperti immobilizer, airbags, ABS, BA, dan EBD,” kata Rama.

Di samping itu, lanjut Rama, Toyota Sienta juga menggunakan teknologi pintu dengan sistem sliding door.  “Tentunya menampilkan kesan premium dan elegan dengan gaya rancangan yang memperlihatkan kesan eksklusif dan mewah,” ujarnya.

Bentuk bodi Toyota Sienta begitu modern.  Hal itu terlibat pada bodi bagian depan yang dilengkapi grill berbentuk trapezium. “Bentuk ini memiliki kemiripan dengan Toyota Yaris,” ucap Rama.

Kemudian bagian headlamp menggunakan lampu LED dengan leveling. Froglamp-nya berbentuk bulat yang berkombinasi dengan bumper depan dan front grill. “Sehingga nampak begitu sederhana, namun terlihat elegan,” jelas Rama.

Pada pintu samping second row juga dilengkapi pintu sistem buka geser atau sliding doors yang dilengkapi Dual Power. Sehingga memberi kemudahan bagi penumpang Toyota Sienta (G,V,Q) ini ketika membuka pintu. “Sedangkan untuk Toyota Sienta Tipe E hanya diberikan Sliding Door manual,” ungkapnya.

Sementara untuk tampilan bodi belakang, menurut Rama, terlihat lampu berbentuk horizontal dengan memakai lampu LED yang berpadu stoplamp berwarna merah melingkar pada setiap sisi lampu tersebut.

“Mulai dari desain kabin yang terlihat lebih simpel dilengkapi bagian dashboard dengan desain yang berlapis, menampilkan gaya manis, tetapi tidak terlalu minimalis,” papar Rama.

Pada lapisan atasnya yang hitam, akan menjadi tempat Fin AC (Air Conditioner), dudukan head unit, panel instrument, dan tombol start-stop engine (V dan Q). “Selain itu, untuk urusan kemudi, mengunakan sistem steering switch control dan dilengkapi layar TFT multy-information display,” kata Rama.

Pada dudukan head unit, kata Rama, Toyota Sienta dilengkapi touch screen dengan ukuran 4,2 inci dan tampilan MID. Sehingga akan lebih mudah terbaca. Sedangkan, pada bagian bawah dashboard  berwarna krem sebagai tempat tuas transmisi dan tombol pengatur audio. “Pada bagian jok berwarna coklat sebagai default varian V dan Q. Sedangkan E dan G berwarna hitam,” ungkapnya.

Toyota Sienta juga mengusung model tiga baris tempat duduk. Sehingga bisa membawa 6 hingga 7 orang. Pada kursi baris kedua, dilengkapi kursi model captain seat. Sehingga menampilkan kesan yang mewah.

Namun, untuk bagian kursi belakang, nampak kurang luas. Sehingga hanya cocok jika digunakan untuk anak-anak. “Selain itu, Toyota Sienta menggunakan sistem dive-in row yang memberikan keleluasaan saat kursi dilipat,” kata Rama.

Jika dilihat sekilas, bentuk bodi Toyota Sienta ini cukup bongsor dengan ukuran dimensi panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dan tingginya 1.675 dengan kapasitas penumpang antara 6 hingga 7 seaters.

Untuk memberikan kenyamanan saat berkendara, Toyota Sienta dibekali suspensi yang mampu berjalan secara fleksibel. Sehingga bisa menahan setiap goncangan apabila melewati jalanan yang berlubang atau rusak.

Pada kaki-kakinya, dilengkapi velg desain sporty berukuran 16 inci (G,V,Q) yang dibalut dengan ban berukuran 195/50 R16 Alloy Wheel. Sehingga kesannya Toyota Sienta ini begitu gagah.

Sementara, untuk teknologi pengereman, Toyota Sienta sudah dilengkapi sistem terbaik saat ini, yaitu ABS dan EBD (V dan Q). “Menjadi fitur keamanan wajib saat dikendarai,” ucap Rama.

Pada sektor dapur pacu atau permesinan, jelas Rama, untuk versi standar, Toyota Sienta dipersenjatai dengan mesin L4 DOHC 16-valve VVT-iE yang berkapasitas silinder mencapai 1.496 cc.

Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimum hingga 109 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi hingga 136 Nm pada putaran 4.400 rpm. “Dengan melihat kapasitas dan jenis mesin tersebut, tergolong mesin yang cukup bertenaga dan tentunya hemat bahan bakar. Hanya butuh 1 liter untuk menempuh jarak 20.2 Kilometer,” kata Rama.

Sementara, untuk transmisinya, Toyota Sienta mengandalkan sistem transmisi Super CVT-i. Di sisi lain, untuk versi hybrid sama-sama mengusung mesin L4 DOHC 16-valve VVT-I lengkap dengan fitur start-stop engine.

Tetapi, pada kapasitas silinder Toyota Sienta versi hybrid ini memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu 1.497 cc. Mesin ini mampu memberikan tenaga maksimal mencapai 74 ps pada putaran 4.800 rpm dan torsi hingga 111 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Rama mengatakan, harga Toyota Sienta versi hybrid ini tentunya lebih mahal, sebab lebih irit bahan bakar. Karena, untuk 1 Liter bahan bakar dapat digunakan untuk menempuh jarak 27.9 Kilometer.

Pada sistem transmisinya, Toyota Sienta menggunakan teknologi Electrically Controlled CVT yang sudah lengkap dengan motor electric yang berteknologi Synchronous Alternating Current Motor.

Sebagai mobil MPV yang elegan, tentunya harus memerhatikan fitur keselamatan dan kenyamanan. Sehingga Toyota Sienta menyematkan 2 Airbags yang akan menjamin keselamatan pengendara dan penumpang saat terjadi kecelakaan atau pun benturan.

Bukan hanya itu, Toyota Sienta juga dilengkapi fitur Pre-Collision System (PCS) yang digunakan untuk mengatur sistem pengereman dan fitur Lane Departur Alert (LDA) serta Automatic High Beam (AHB).

Toyota Sienta juga memberikan fasilitas kenyamanan berupa stability control, Hill Start Assist (tipe Q) dan ISOFIX (semua tipe) yang digunakan sebagai tempat duduk anak-anak pada baris kursi kedua.

Tidak ketinggalan juga, kenyamanan penggunanya akan bertambah karena Toyota Sienta juga dilengkapi 2 Din Head Unit yang siap memberikan kualitas audio yang sangat baik. Kemudian, pada bagian bawah Head Unit juga disediakan pengaturan AC.

“Harga Toyota Sienta Seri V ini dibandrol Rp 270 juta. Jika ada yang minat, nikmati promo menarik, Rp20 Juta sampai Rp 25 juta. Untuk mengetahui keunggulanya, silakan datang ke dealer kami di Jalan Arteri Supadio (Ayani II),” tutup Rama.

Laporan: Syamsul Arifin

Editor: Mordiadi

Facebook Comments