TNI AL Usir Kapal Tiongkok dari Natuna

159
Ilustrasi kekuatan TNI AL - JPNN

eQuator – Aksi armada laut TNI sukses menggentarkan kapal asing di Perairan Natuna. Batas laut internasional di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) pun berhasil terjaga.

Panglima Kawasan Armada Barat RI Laksamana Muda (Laksda) TNI A. Taufiq mengatakan, baru-baru ini sebuah kapal milik Tiongkok melanggar wilayah ZEE. Spontan, merasa terpanggil membela kedaulatan NKRI, TNI AL langsung melakukan pengusiran.

“Pemilik kapal itu pun dipaksa menyampaikan permintaan maaf. Ya, kami memang sedang fokus di wilayah Natuna, di sana ada kapal Tiongkok yang masuk di wilayah ZEE kita. Karena melanggar, mereka akhirnya kami usir dan meminta maaf,” ujar Taufiq seperti dikutip dari JawaPos.com, Senin (23/11).

Kawasan ZEE kini memang tengah mendapat perhatian. Terlebih setelah muncul pemberitaan klaim Tiongkok yang memasukkan sebagian wilayah perairan laut Kabupaten Natuna, ke dalam peta wilayah mereka.

Taufig juga mengungkap, selain di wilayah kawasan laut Natuna, TNI juga serius memberantas aksi kejahatan dan kriminal di Selat Malaka, yang dinilai sebagai wilayah laut paling rawan di dunia. (ahi/afz/jpg/jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here