Tips Agar Mie Tidak Menggumpal dan Lembek

46
Mie Godok

eQuator.co.id – Siapa sih yang tidak suka dengan olahan berbahan dasar mie? Bahkan, banyak restoran menggunakan mie sebagai produk andalan mereka. Meski terlihat mudah, tidak semua orang bisa mengolah mie secara tepat, tidak lengket, menggumpal dan lembek.

Mie termasuk salah satu makanan favorit bagi semua kalangan. Selain rasanya yang gurih, teksturnya juga empuk dan mudah dinikmati di segala suasana. Mie bisa dimasak dengan berbagai cara, baik digoreng, direbus, maupun dikreasikan dengan bahan lainnya. Namun, bagaimana mie yang disajikan bisa menarik perhatian kalau penampilannya buruk?

Makan mie yang seharusnya menyenangkan menjadi mengesalkan. Bahkan bisa merusak selera makan. Jangan khawatir, Chef Yudha Indra Pramanto, pendiri Atallah Aisyi Catering and Coke Shop Corner punya beberapa tips dan trik yang bisa anda lakukan agar olahan mie tidak lengket, menggumpal dan terlalu lembek.

 

  1. Waktu merebus mie yang tepat

Agar mie tidak lembek, pastikan anda merebus mie dalam waktu yang tepat atau jangan terlalu lama. Mie yang lembek tidak akan nikmat, meskipun diolah dengan metode apapun, karena tidak hanya penampilannya saja yang rusak, kenikmatan rasanya juga pasti berkurang.

  1. Masak mie dalam air mendidih

Satu lagi trik agar mie tidak mudah hancur atau lembek, yakni pastikan air sudah mendidih ketika anda memasukkan mie. Cukup aduk sebentar menggunakan sumpit, lalu anda bisa mematikan apinya dan segera meniriskan mie. Membiarkan mie lebih lama dalam air rebusan akan membuat mie mudah lembek.

3.Olesi minyak setelah direbus

Agar mie tidak menggumpal, anda bisa mengolesi minyak nabati pada mie setelah direbus dan ditiriskan. Caranya cukup teteskan minyak beberapa sendok, kemudian aduk hingga merata. Mie pun siap diolah menjadi hidangan yang menggugah selera.

  1. Tambahkan Minyak Zaitun

Untuk mencegah mie lengket dan menggumpal, anda bisa menambahkan minyak zaitun secukupnya pada air rebusan.

  1. Rendam dalam air dingin

Cara lain yang bisa anda lakukan, agar mie tidak menggumpal atau lengket adalah dengan merendam mie ke dalam air dingin setelah proses perebusan. Setelah itu, anda bisa mengolah mie sesuai selera.

  1. Tambahkan bumbu cair

Untuk menguraikan mie yang lengket atau menggumpal, anda bisa memanfaatkan bumbu cair. Cukup panaskan bumbu cair dalam api kecil, kemudian masukkan mie perlahan sambil diuraikan. Dalam sekejap, masalah mie lengket akan teratasi.

Setelah penampilan mie jadi sempurna, anda siap mengolahnya menjadi aneka hidangan yang lezat dan menggugah selera. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. (agn)

Facebook Comments