Tingkatkan Keaktifan Gudep

77
PENYEMATAN. Plt Camat Kapuas, Kabupaten Sanggau, Ambari menyematkan Lencana Pembimbing kepada salah seorang Kepsek dalam Upcara Pelantikan Pengurus Majelis dan Gudep, di halaman Kantor Camat Kapuas, Selasa (8/11). Darmansyah Dalimunthe-RK

eQuator.co.id – Sanggau-RK. Sebagai ujung tombak Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka), keaktifan Gugus Depan (Gudep) sangat penting, guna memantapkan eksistensi dan meningkatkan fungsi Pramuka.

“Olehkarenanya, kita mengajak Anggota Majelis dan Pembina Gudep Gerakan Pramuka lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah untuk percepatan kemajuan dan perkembangan Gerakan Pramuka. Sehingga dapat berkontribusi positif dalam mendidik generasi muda yang berkarakter,” ujar Ambari, Ketua Majelis Pembimbing Ranting Kapuas Sanggau.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Kapuas, Kabupaten Sanggau ini menyampaikan hal tersebut ketika melantik Pengurus Majelis dan Gudep Ranting Kapuas, Kabupaten Sanggau, di halaman Kantor Camat Kapuas, Selasa (8/11).

Dalam upacara pelantikan yang dihadiri perwakilan Polsek, Koramil , Cabang Dispora serta para Pembina Pramuka se-Kecamatan Kapuas itu, Ambari menjelaskan, hakikat dasar dari Pramuka merupakan penghayatan dan pengalaman nilai-nilai Panca Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Ambari sangat mengharapkan seluruh peserta Pramuka dapat dipersiapkan menjadi kader pemimpin bangsa yang tangguh di masa depan. “Aktifnya Pramuka ini diharapkannya dapat mendorong dan meningkatkan kontribusi Gerakan Pramuka,” katanya.

Kontribusi tersebut, jelas Ambari, terutama dalam upaya membentuk karakter kaum muda yang baik sebagai calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan.

Di tempat yang sama, Pembina Pramuka Kabupaten Sanggau, Ibrahim SPd mengucapakan terima kasih kepada semua sekolah yang terlibat dalam Gudep. “Semoga ke depannya berjalan dengan baik dalam kepengurusan Pramuka di Kecamatan Kapuas,” harapnya. (cok/*)