Thailand vs Indonesia, Membungkam Sang Penguasa

48

eQuator.co.id – Tekad api skuad Garuda sudah membara untuk menjuarai Piala AFF pertama kali karena sudah empat kali menjadi runner up. Pada final ke lima kali ini, Boaz dkk berjanji untuk membawa piala AFF ke tanah air.

Keunggulan agregat satu gol atas Thailand menjadi sarana menuju podium juara jika Indonesia tetap bisa menjaga keunggulan tersebut. Tentu saja hal ini harus dimanfaatkan dengan baik, cukup dengan bermain imbang tanpa gol, Indonesia sudah bisa menjadi juara.

Di sisi lain, moral skuad Garuda terangkat karena mereka tahu Tim Gajah Perang bisa dikalahkan. Selama Piala AFF 2016 baru kali ini Thailand kalah, selain itu hanya Indonesia yang mampu membobol gawang mereka hingga empat gol dalam dua laga berbeda.
Garuda tak boleh bermain dengan bertahan, karena lini serang Thailand sangat tangguh dan tajam. Jadi Indonesia harus bermain dengan gaya normal. Pasalnya, ada banyak celah yang bisa dimanfaatkan di lini belakang Thailand. Buktinya, sudah empat gol yang mampu dicetak Indonesia ke gawang tim Gajah Perang.

Hanya saja, pada laga nanti Skuat Garuda tidak bisa diperkuat Andik Vermansah. Kehilangan pemain asal klub Selangor FA ini sangat berpengaruh tentunya. Tapi, masih ada Zulham Zamrun yang tidak kalah berkualitas. Zulham bisa diandalkan untuk menggedor pertahanan Thailand.

Selain perubahan di posisi Andik, pelatih Alfred Riedl diyakini tidak akan melakukan banyak perubahan. Pasalnya, komposisi pemain yang turun di laga leg pertama sedang berada dalam performa terbaiknya. Termasuk Hansamu Yama dan Rizky Pora.
Dari kubu Thailand, pelatih Kiatisuk Senamuang juga tidak akan melakukan banyak perubahan. Pergantian komposisi pemain mungkin hanya dilakukan dengan memasukkan Tanaboon Kesarat. Pemain ini tidak bisa tampil pada laga leg pertama karena mengalami cedera.

Charyl Chappuis mungkin juga masih akan menjadi pemain cadangan. Pemain berusia 23 tahun ini akan jadi senjata andalan Zico, julukan Kiatisuk, jika duet penyerang Surawut Masuk dan Teerasil Dangda mengalami kebuntuan.

Satu hal yang unik di Piala AFF 2016 ini adalah kesuksesan Indonesia selalu mencetak dua gol di setiap pertandingan. Nampaknya, catatan ini akan kembali terulang pada laga leg kedua ini.

Tak hanya selalu sukses mencetak dua gol, Indonesia juga selalu kebobolan di setiap pertandingan. Jadi, dipastikan pertandingan tidak akan berakhir dengan skor 0-0.

Laga yang disiarkan RCTI dan Fox Sport 1 pada pukul 19.00 WIB nanti malam ini dipastikan berjalan menegangkan. Kemenangan Garuda dinanti ratusan juta rakyat Indonesia dengan harap-harap cemas. Akankah Boaz dkk bisa membungkam ribuan fanatisme Rajamangala sang penguasa Asia Tenggara.

Namun akhir laga dengan skor imbang pun tak masalah, karena itu artinya, trofi Piala AFF 2016 akan dibawa pulang ke Indonesia oleh Boaz Solossa dan kawan-kawan. (*)

 

Susunan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Kurnia Meiga; Benny Wahyudi, Fachruddin, Hansamu Yama, Abduh Lestaluhu; Bayu Pradana, Manahati Lestusen; Zulham Zamrun, Stefano Lilipaly, Rizky Pora; Boaz Solossa.

Thailand (3–5-2): Kawin Thamsatchanan; Adison Promrak, Koravit Namwiset, Theerathon Bunmathan; Tristan Do, Sarach Yooyen, Pokklaw Anan, Tanaboon Kesarat, Chanathip Songkrasin; Teerasil Dangda, Sarawut Masuk.

Facebook Comments