Tes CPNS Lulusan Cumlaude Dipermudah

Lulusan SMA Tugasnya jaga Napi

239
Tes CPNS sistem CAT. dok.JPNN

eQuator –  Jakarta-RK. Para lulusan perguruan tinggi dengan predikat cumlaude yang ingin ikut tes CPNS 2016 punya peluang besar lolos. Meski formasi yang disiapkan sedikit, namun lulusan cumlaude mendapat perlakuan khusus.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengungkapkan, pemerintah memberikan penghargaan kepada lulusan cumlaude. Salah satu bentuk penghargaannya adalah dengan memberikan kemudahan bagi mereka saat melamar CPNS.

“Sesuai UU Aparatur Sipil Negara (ASN), seluruh warga negara Indonesia yang ingin menjadi CPNS harus menjalani tes. Nah untuk lulusan cumlaude juga dites tapi lebih dipermudah,” tuturnya.

Mengenai mekanisme perekrutannya, masih dibahas internal pemerintah.‎ Perlakuan khusus bagi lulusan cumlaude ini, menurut Yuddy, bukan hal baru lagi. Pada 2014, pemerintah juga merekrut 100 PNS dari jalur khusus cumlaude.

Lulusan SMA

Para peminat kursi CPNS yang hanya tamatan SMA masih punya peluang. Mereka bisa ikut melamar seleksi CPNS 2016 untuk formasi penjaga lembaga pemasyarakatan alias sipir dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program dan Pembinaan SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Bambang Dayanto Sumarsono menjelaskan, rencana semula, formasi seluruh CPNS hanya disediakan bagi minimal tamatan Diploma Tiga (D3).

Untuk formasi sipir dan Satpol PP, semua ditargetkan harus diisi tamatan D3, dengan alasan lebih matang secara emosional. Ini penting karena tugas mereka memerlukan kemampuan pengendalian emosi saat berhadapan dengan para napi.

Namun, di beberapa daerah, masih ada persoalan kekurangan SDM yang disesuaikan dengan kebutuhan. Misal seluruh formasi CPNS sipir dan Satpol PP harus diisi tamatan D3, maka diperkirakan pelamarnya akan terbatas.

“Tapi itu rupanya belum bisa diterapkan karena masih banyak daerah yang SDM-nya terbatas tingkat pendidikannya,” ujar Bambang.

Dipastikan juga, pada rekrutmen CPNS tahun depan tidak ada formasi untuk tenaga administrasi. “Tenaga administrasi tidak akan direkrut. Karena sudah terlalu banyak jumlahnya,” ucapnya.

Seperti sudah disampaikan sebelumnya, yang tersedia hanya formasi CPNS untuk jabatan tertentu saja. Yaitu pendidikan, kesehatan, dan penegak hukum. Juga dari tamatan sejumlah perguruan tinggi kedinasan. (jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here