Teluk Batang Selatan Wakili Kayong Utara

331
MEMEBUKA:Wakil Bupati Kayong Utara, Idrus saat membuka kegiatan penilaian lomba program terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Kalbar, di Teluk Batang, Kayong Utara,Selasa(17/11). KAMIRILUDDIN/RAKYAT KALBAR

eQuator – Teluk Batang-RK. Wakil Bupati Kayong Utara, Idrus membuka kegiatan penilaian lomba program terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2015, di halaman kantor Desa Teluk Batang Selatan, Kecamatan Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara, Selasa(17 /11).

Kegiatan ini turut dihadiri ketua Tim Penilai Program Terpadu P2WKSS Provinsi Kalimantan Barat beserta rombongan, Ketua Tim Pengerak Utara Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Kayong Utara (PKK) beserta anggota, Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara, para Kepala Dinas, Badan, dan Pimpinan SKPD se-Kabupaten Kayong Utara, Camat, Polsek Teluk Batang beserta jajarannya, Ketua TP. PKK Kecamatan beserta anggota, Kepala Desa Teluk Batang selatan beserta perangkatnya, Ketua BPBD Teluk Batang Selatan beserta anggota, ketua TP PKK Desa Teluk Batang Selatan Beserta anggota, serta turut dihadiri para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda setempat.

Sambutan Bupati Kayong Utara dibacakan Wakil Bupati Kayong Utara Idrus, mengenai program terpadu P2WKSS merupakan program peningkatan peranan perempuan dengan menggunakan pola pendekatan lintas sektor pembangunan secara terkoordinasi dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku positif perempuan dalam berbagai bidang sehingga kualitas kehidupan dalam keluarga dapat tercapai sebagaimana diharapkan. “Jadi program ini merupakan program Nasional, yang dilombakan dan dilaksanakan setiap tahun berupa pemberian penghargaan kepada pelaksana terbaik program terpadu peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera (P2WKS),”ucap Idrus.

Ia menambahkan, adapun diantaranya terlaksananya pemberantasan buta huruf, adanya peningkatan usaha dan ketrampilan perempuan (UP2K), peningkatan pemahaman dan sadar hukum, meningkatnya pengetahuan serta hasil pertanian, terciptanya lingkungan yang sehat, didukung dengan terlaksananya kegiatan 10 program pokok PKK, meningkatnya capaian dan strata posyandu, serta adanya kelengkapan tanaman obat keluarga (TOGA) serta lain lain.

“Program  peningkatan  peranan  wanita  menuju  keluarga  sehat  dan  sejahtera(P2WKSS) ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan  kualitas hidup perempuan  sebagai Sumber Daya pembangunan  melalui keadilan  dan  kesetaraan  gender  guna meningkatkan  peranan  dan  aspirasi  wanita  dengan  pembinaan  oleh  lintas

sektoral dalam  rangka  pembangunan  masyarakat  pedesaan, meningkatkan  pengetahuan, keterampilan  serta  sikap  positif  perempuan  melalui   penyuluhan bagi perempuan guna  mengembangkan kualitas kehidupan  keluarga, terutama  anak  dan remaja  serta  masyarakat  pada umumnya,”sambungnya.

Selain itu, lanjut Idrus, hal ini juga agar dapat meningkatkan keterampilan perempuan  dalam  mengelola  semua  potensi  desa  menjadi bernilai ekonomis guna  pemberdayaan perempuan di bidang  ekonomi, memperkuat kelembagaan  pemberdayaan masyarakat  di desa  dengan  dukungan  dan partisipasi aktif  masyarakat.  “Tentu  sebagai  peserta  lomba kami terus berusaha semaksimal mungkin, memberikan yang terbaik, dan mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan penilaian lomba program terpadu P2WKSS, agar dapat memperoleh nilai yang memuaskan, dan dari hasil pantauan serta penilaian dari tim penilai P2WKSS terhadap apa yang telah kami perbuat, tentunya kami masih tetap mengharapkan adanya masukan dan binaan agar program yang dilaksanakan secara berjenjang dan terpadu ini lebih memberikan hasil yang lebih bermanfaat bagi masyarakat, khususnya  warga binaan Desa Teluk Batang Selatan,”ucapnya.

Sebagaimana sebuah perlombaan pasti semua peserta berharap mendapat juara karena ituketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kayong Utara, tim PKK Kecamatan Teluk Batang dan tim PKK Desa Teluk Batang Selatan serta beberapa SKPD terkait, sejak beberapa bulan lalu sudah melakukan berbagai macam pembinaan.

“Semua ini dilakukan karena ingin adanya peningkatan dan kemajuan. Kami berharap semoga pembinaan yang dilakukan memberikan manfaat lebih maksimal lagi bagi desa ini dan memperoleh hasil yang terbaik agar Desa Teluk Batang Selatan tidak tertinggal dari desa-desa lain khususnya di Kabupaten Kayong Utara dan pada umumnya di Kalimantan Barat. Mengenai hal ini tentunya kita tetap berjuang terus dan berbenah dalam segala hal demiNegeri Bertuah ini, mengapa demikian?, karena dengan terus berjuang dan berbenah kita pasti mampu mencapai prestasi, dan menempatkan Kabupaten kita sejajar dengan Kabupaten lain yang ada di indonesia,”harap Wakil Bupati Kayong Utara Idrus.

 

Laporan: Kamiriluddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here