Tanpa Gugatan ke MK, Atbah Romin Bupati Sambas

Hari Ini Penetapan Paslon Pilkada Sambas Terpilih

563
Jajang dan Su'aib

eQuator – Sambas. Tenggat waktu 3×24 jam untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), terhadap hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada telah terlewati. Hari ini, Selasa (22/12), KPU Sambas akan menetapkan pasangan calon (Paslon) nomor 2, H Atbah Romin Suhaili Lc dan Hj Hairiah SH MH sebagai pemimpin baru Kabupaten Sambas.

Didukung 126.600 suara atau 52,82 persen dalam Pilkada Sambas, perolehan suara H Atbah Romin Suhaili dan Hj Hairiah mengungguli perolehan suara pasangan nomor 1 dan 3. Ketua KPU Sambas, Su’aib SPd kepada wartawan menegaskan, dilaksanakan penetapan Bupati dan Wakil Bupati Sambas terpilih sesuai hasil rekapitulasi yang telah dilaksanakan KPU, Kamis (17/12) lalu. Penetapan paslon Bupati-Wakil Bupati terpilih di Ruang Sidang Utama DPRD Sambas, digelar jika tidak ada sanggahan ke MK. “Ketentuan 3×24 jam sejak ditetapkan, hingga saat ini belum ada sanggahan ke MK,” jelasnya.

Terpisah, Kabag Ops Polres Sambas, Kompol Jajang SKom menjelaskan, Polres Sambas mensiagakan sebanyak 117 personel untuk mengamankan Rapat Pleno KPU Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Sambas. Namun jumlah personel tidak sebanyak ketika Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara, beberapa waktu lalu. “Insya Allah aman, apalagi pasangan calon sudah menerima dan tidak ada yang mengajukan keberatan, tentunya ini kita apresiasi,” ujarnya.

Selain mengerahkan 117 personel, Polres Sambas juga akan dibantu Satpol PP dan Koramil. Hal ini sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), mengantisipasi jika kondisi keamanan dinilai tidak kondusif. “Kita tetap melakukan pengamanan yang diperketat, dan kita tetap akan mensiagakan alat khusus seperti Water Canon, Publik Address dan Pengurai Massa guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Agar penetapan Bupati dan Wakil Bupati Sambas hasil Pilkada berlangsung aman dan kondusif, Polres Sambas mengimbau masyarakat, simpatisan, dan konstituen paslon bersama-sama menerima hasil Pilkada. “Kita bisa bersama-sama menjaga situasi aman dan kondusif, demi keamanan dan kenyamanan bersama,” ajaknya. (edo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here