Tangga ‘Melayang’ untuk Mempercantik Interior

270

eQuator – Tangga sering kali menjadi kebutuhan untuk desain rumah pada masa sekarang, terlebih bila rumah dibangun secara bertingkat. Penghubung antarruangan atau antarlantai tersebut merupakan elemen fungsional dalam rumah.

Kini tangga tidak hanya menjadi elemen fungsional. Mempercantik interior seperti dikutip dari laman majalahasri, juga bisa dengan desain tangga yang tidak biasa. Floating staircase, misalnya. Desain tangga ‘melayang’ ini dapat membuat ruangan terlihat lebih atraktif, unik, dan modern.

Floating staircase juga dapat tampil menarik untuk rumah dengan minimalist décor. Tidak heran banyak rumah yang kini menerapkannya. Untuk membuatnya pun ada beragam pilihan material dan cara sehingga dapat disesuaikan dengan keperluan.

Meski begitu, floating staircase pada dasarnya dibuat dengan cara papan atau balok anak tangga dipasang dan direkatkan pada tembok rumah, serta tanpa pegangan (railing). Ada banyak variasi desain floating staircase, salah satunya railing tangga tetap dihadirkan, tetapi hanya pada sisi tembok. Bisa juga menggunakan tali dan dipasang pada plafon.

Terkadang, orang tetap merasa khawatir bila tidak ada railing, karena itu anda bisa tetap menghadirkannya dengan railing berbahan kaca atau transparan di kedua sisi tangga. Dengan begitu, kesan ‘melayang’ tetap dapat dipertahankan. Namun, apa pun desainnya, pastikan struktur pemasangan tangga kuat untuk menahan beban.

Sementara untuk material, kayu merupakan bahan yang sering digunakan. Selain itu, ada kaca dan plastik yang memang dibuat khusus untuk tangga. Tidak perlu khawatir, masih banyak material lain yang bisa dipilih, seperti steel. Lalu, percantik tampilan tangga dengan menambahkan lighting, misalnya indirect lighting. Tangga akan tampil lebih menawan, bercahaya, dan dramatis. (mja)