Tampil Modis dengan Blazer

352
Ilustrasi

eQuator – Blazer merupakan pakaian yang kerap kali dipilih oleh wanita untuk datang ke acara formal, atau sekedar hang out bersama sahabat-sahabatnya. Penampilan fashion bergaya formal dulu identik dengan blazer. Namun saat ini blazer sudah tak lagi digunakan hanya acara formal saja.

Sebagai wanita karir, penampilan tentu menjadi bagian penting yang harus selalu diperhatikan. Apalagi wanita harus selalu tampak cantik, indah dan pastinya selalu tampil rapi. Penampilan memang memegang peranan penting untuk menunjang rasa percaya diri dalam bekerja.

Bagian penting dari penampilan adalah baju kerja itu sendiri. Salah satu baju kerja paling popular dan banyak dipakai oleh para wanita karir adalah blazer wanita. Bagaimanapun juga pakaian kerja sangat menentukan penampilan untuk bisa tampil modis dan elegan.

Agar tidak salah dalam menentukan blazer wanita yang tepat untuk kerja, ada beberapa tips yang bisa membantu anda menentukan pilihan baju yang tepat. Kesalahan dalam menentukan pilihan baju kerja bisa membuat penampilan menjadi kurang maksimal.

Berbagai kesempatan non formal, seperti pesta atau kumpul-kumpul bersama teman sudah tidak asing lagi menggunakan blazer. Blazer seperti dikutip dari laman kaoskeren.net, jika dilihat dari segi kecocokan tubuh dapat digunakan pada tubuh yang kurus ataupun gemuk. Namun untuk tubuh yang kurus harus ada sedikit trik dan modifikasi gaya agar blazer tampak lebih anggun dan serasi.

Wanita yang berbadan kurus dapat menyiasati pemakaian blazer dengan blazer yang memiliki model bentuk tangan yang memiliki kerutan atau ruffle. Selain itu blazer yang memiliki kerah lebar akan memberikan keuntungan tubuh kurus lebih terlihat sedikit besar.

Untuk wanita yang memiliki tubuh besar, memilih blazer dengan potongan meruncing di bagian belakang dengan kerah yang memiliki arah vertikal memberi kesan tubuh dan leher menjadi terlihat lebih panjang dan serasi.

Blazer memiliki beberapa tipe sesuai penggunaannya. Blazer tipe pekerja cenderung formal, namun dengan padupadan kemeja dan bawahan yang cocok, jenis blazer inipun bisa digunakan dengan enjoy di waktu santai.

Lain lagi dengan tipe blazer laki-laki. Blazer ini biasa dikenal dengan boyfriend blazer. Blazer ini mencerminkan tampilan modis, tapi mengesankan terlalu feminim. Pandai memadupadankan blazer ini dengan kaos dan celana jeans bisa menambah gaya anda lebih santai namun modis. Pertimbankan juga untuk menambahkan ikat pinggang yang cocok dengan warna pakaian padanan anda.

Sedangkan blazer crop blazer memiliki potongan lebih rendah dari tipe blazer lainnya. Memadukan dengan terusan formal membuat blazer ini dapat digunakan pada formal. Namun jika anda ingin mendapatkan penampilan lebih santai, padukan blazer ini dengan kaos dan celana jeans atau rok lipit sebagai bawahan dan kaos sebagai atasan.

Memilih blazer juga harus dipertimbangkan dari sisi warna dan motif. Untuk acara formil atau semi formil, pilihlah blazer dengan motif polos dan berwarna gelap. Namun untuk blazer yang digunakan pada acara santai, pilihan blazer yang bermotif bunga atau sejenis bisa menjadi pilihan tepat bagi anda. Selain itu pertimbangkan pula dari sisi bahan, pilihlah blazer yang memiliki bahan lembut dan mampu menyerap keringat, agar anda nyaman saat menggunakan blazer pada cuaca sedikit panas.

Selain itu seperti yang dilansir dari ebay.com, ada beberapa macam panjang blazer yang bisa menjadi pilihan. Pertama, cropped blazer. Panjang cropped blazer ini sekitar bahu sampai pinggang seorang wanita. Modelnya pun cenderung pendek dibandingkan dengan jenis-jenis blazer yang lain. Jenis ini cocok untuk wanita yang tergolong memiliki tubuh yang kurang begitu tinggi. Meskipun begitu, jika anda memiliki tubuh yang tinggi pun tidak ada salahnya jika mengenakan blazer jenis ini.

Kedua, waist-lenght blazer. Blazer dengan panjang sepinggang orang dewasa memang sangat populer. Tetapi beberapa wanita menganggap jenis blazer ini kurang formal daripada blazer yang lebih panjang. Waist-Lenght blazer cocok dikenakan oleh hampir setiap bentuk tubuh karena blazer jenis ini memusatkan perhatian di pinggang seorang wanita.

Ketiga, hip-length blazer. Blazer yang panjangnya dianggap masih tradisional. Panjangnya hampir menyamai jas atau jaket. Blazer dengan jenis ini cocok dikenakan oleh wanita yang mempunyai pinggul lebar. Tetapi bagaimanapun juga panjang dari hip-lenght blazer hanya di atas pinggul. Para wanita yang ingin menutupi pinggulnya dengan blazer, harus tetap mencari model blazer yang lebih panjang dari hip-lenght blazer ini.

Terakhir, long blazer. Seperti namanya, long blazer dapat menutupi seluruh pinggul wanita. Blazer panjang ini juga dapat menutupi bagian punggung wanita secara sempurna. Long blazer merupakan improvisasi dari jenis-jenis blazer lawas dan dapat dibilang sangat modis. Tetapi sayang, blazer jenis ini tidak dapat dikenakan pada acara-acara formal di tempat kerja Anda, karena terlihat terlalu casual. (vm/ey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here