Supaya Merata Dapat Paket Sembako Murah

Tahun Depan Disiapkan Untuk Semua Warga Miskin

21
PASAR MURAH. Hariyadi S Triwibowo mendampingi Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono ketika menggelar pasar murah di Kantor Camat Pontianak Barat, Selasa (13/6). Humas Pemkot for RK

eQuator.co.idPontianak-RK. Setelah Kecamatan Pontianak Barat, pasar murah Sembako untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) juga terselenggarakan di Pontianak Tenggara dan Selatan, Rabu (14/6). Tidak kurang dari 800 paket Sembako dijual pada bazar ini.

Wali Kota Pontianak H Sutarmidji SH MHum menyampaikan, pasar murah ini diselenggarakan atas kerja sama Pemkot Pontianak dengan BUMN dan BUMD serta beberapa pelaku usaha. Tujuannya untuk meringankan beban MBR menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H. “Jumlah paket Sembako murah ini setiap tahun semakin meningkat (dua kali lipat) dibanding tahun lalu yang hanya sekitar dua ribuan paket,” katanya.

Meskipun ada penambahan sekitar dua ribu paket tahun ini, namun diakui Sutarmidji belum dapat mencukupi kebutuhan masyarakat yang masuk kategori miskin. “Kalau bicara masyarakat yang masuk kategori miskin bisa mencapai 9 ribu Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah total 21 ribu jiwa,” ungkapnya.

Sehingga diperkirakan masih terdapat lima ribu warga miskin yang masih belum mendapat paket

Sembako pada pasar murah ini. Tahun depan pihaknya menargetkan seluruh KK yang masuk kategori keluarga miskin mendapat paket sembako murah. “Insya Allah tahun depan Pemkot Pontianak juga turut menyediakan paket Sembako murah supaya lebih merata menjangkau masyarakat yang masuk kategori miskin itu,” ucap Sutarmidji.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Pontianak Hariyadi S Triwibowo mengungkapkan, pasar murah yang digelar tersebut mendapat respon positif dari masyarakat. Hal itu terbukti dari antusias masyarakat yang membludak saat pasar murah digelar perdana di Kantor Camat Pontianak Barat. “(Di Pontianak Barat) seribu paket ludes terjual, padahal masyarakat yang datang hampir mencapai 2 ribuan.  Artinya masyarakat betul-betul membutuhkan paket Sembako murah ini,” lugasnya.

Dia menjelaskan, jumlah total paket sembako yang disebar di enam kecamatan sekitar empat ribuan paket. Untuk Kecamatan Pontianak Barat sebanyak 1000 paket, Pontianak Kota 400 paket, Pontianak Tenggara 400 paket, Pontianak Selatan 400 paket, Pontianak Timur 1000 paket dan Pontianak Utara 1000 paket. Masing-masing paket Sembako berisi 5 kilogram beras, 2 kilogram minyak goreng, 2 kilogram gula pasir dan 1 kaleng susu kental manis. Dalam satu paket yang awalnya dihargai Rp100 ribu ini, hanya dijual Rp50 ribu kepada MBR. (fik)

 

Facebook Comments