Supaya Karpet Bulu Tahan Lama

427

tips--karpet2eQuator – Karpet berbahan bulu dengan permukaan halus dan lembut tentu lebih indah dipandang dibanding karpet jenis biasa. Selain itu, karpet jenis ini juga nyaman untuk duduk-duduk santai.

Karpet bulu seperti ditulis laman majalahasri, biasanya diletakkan di kamar tidur atau di ruang tamu untuk memperindah ruangan. Namun, karpet bulu lebih mudah kotor dan menyimpan debu. Untuk itu, anda perlu perhatikan cara merawat dan membersihkannya.

 

Cuci dengan Produk Khusus

Untuk perawatan sehari-hari, cukup bersihkan karpet dengan vacuum cleaner minimal seminggu sekali. Fokuskan pada daerah yang sering dilewati orang, karena biasanya kotoran paling banyak menempel di area tersebut. Jika sudah cukup kotor, cucilah karpet bulu anda. Sebelum mencuci, anda bisa menggantungnya pada tiang jemuran atau pagar, lalu, gunakan sikat atau sisir khusus untuk melepaskan kotoran yang menempel.

Untuk mencucinya, jika karpet tidak terlalu besar bisa menggunakan mesin cuci. Jika cukup besar, cuci dengan tangan. Gunakan shampo dan kondisoner khusus untuk karpet agar bulu-bulunya tetap lembut dan terlindungi. Pastikan anda tidak menggunakan air panas saat mencucinya karena air panas rentan membuat karpet rusak.

 

Hindari Sinar Matahari Langsung

Anda bisa menjemur karpet di tempat yang tidak terlalu panas atau terkena sinar matahari langsung. Karena, sinar matahari dapat merusak tekstur bulu pada karpet. Sisir permukaan karpet agar bulu-bulunya tidak menggumpal dan dapat mengering dengan sempurna.

 

Gunakan Slippers Saat Menginjak Karpet

Jika anda belum mencuci kaki, sebaiknya jangan berjalan di karpet dengan kaki telanjang. Hal ini karena keringat dan minyak di kaki dapat menempel sehingga menyebabkan debu dan kotoran mudah melekat. Sebaiknya, kenakan kaus kaki atau slippers saat berjalan di atas karpet.

 

Hindari dari Kebasahan

Jika karpet terkena minuman atau makanan, segera bersihkan dengan tisu atau kain lap. Ketika akan mengepel lantai, gulung karpet dan pindahkan. Karpet dapat dipasang kembali setelah permukaan lantai benar-benar kering. Jika karpet tidak dipakai, gulunglah karpet ketika disimpan. Siapkan kamper yang berada di dalam plastik yang sudah dilubangi, lalu masukkan bungkusan kamper itu ke dalam gulungan karpet. (mja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here