Sudah Diklarifikasi Hoax, Masih Disebarkan Juga

24
HOAX

eQuator.co.id – KABAR yang satu ini termasuk paling sering berseliweran di timeline media sosial. Yakni, Kerajaan Arab Saudi yang menetapkan Habib Rizieq sebagai keturunan ke-38 Rasulullah. Kabar itu kerap disebarkan melalui blog-blog. Kebanyakan berita bersumber dari situs dakwahmedia.co.

Berita tersebut disertai foto petinggi Front Pembela Islam itu yang sedang berjalan bersama Raja Salman. Nah, sebenarnya foto tersebut merupakan hasil olah digital seniman Yohanes Paganda Halasan Harapan alias Agan Harapan. Jawapos.com pernah membahas karya Agan Harapan itu pada 6 Maret 2017.

Kabar penetapan Rizieq sebagai keturunan Rasulullah oleh Kerajaan Arab Saudi juga disertai hak-hak istimewa. Hak-hak itu disebutkan juru bicara kerajaan. ’’Beliau mendapat seluruh fasilitas kebutuhan kehidupan dunia untuk dipergunakan sepuasnya dan dilayani Kerajaan Arab Saudi (termasuk boleh tinggal di Saudi sesuai keinginannya).’’ Demikian potongan kabar hoax tersebut.

Situs dakwahmedia.co sebenarnya sudah membuat klarifikasi soal berita yang sempat diunggahnya itu. Namun, banyak netizen yang sepertinya hanya membaca judul beritanya. Mereka pun tetap memercayai berita tersebut dan menyebarkannya berulang-ulang.

Misalnya, akun Facebook Azhar Chalid yang menyebarkan link dari dakwahmedia.co ke grup United Muslim Cyber Army dengan judul Alhamdulillah. Penyemangat Perjuangan. Padahal, kalau membuka berita dakwahmedia secara lengkap, mereka sudah menyertakan link permintaan maaf karena menyebarkan hoax. (Jawa Pos/JPG)

 

FAKTA: Situs dakwahmedia.co sudah mengklarifikasi bahwa kabar penetapan Rizieq sebagai keturunan Rasulullah oleh Kerajaan Arab Saudi adalah hoax.