Speedboat Disulap Jadi “Rumah Sakit”

88
ilustrasi.

eQuator.co.id – Sungai Raya-RK. Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya menyulap speedboat berkapasitas sedang (sekitar 20 orang) menjadi “Rumah Sakit” terapung. Tugasnya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di pelosok-pelosok, kawasan yang sulit ditempuh melalui jalur darat.

“Karena jangkauan kita ini sangat luas dan terdiri atas beberapa kawasan perairan, kita menggunakan speedboat khusus untuk memberikan pelayanan kesehatan keliling,” kata Asep Ahmad Saefullah, Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kubu Raya saat ditemui diruangannya, Selasa (9/2).

Asep menjelaskan, speedboat khusus iniuntuk mendukung sejumlah pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di sekitar kawasan yang sulit dijangkau melalui jalur darat tersebut.

“Ini kataegorinya pelayanan daerah terpencil. Seperti di kawasan Teluk Pakedai, Padang Tikar dan lainnya. Kita upayakan semuanya dapat dijangkau oleh speedboat khusus ini,” kata Asep.

Speedboat khusus ini, ungkap Asep, mendatangi daerah-daerah terpencil, paling tidak enam kali dalam satu tahun. Juga dapat digunakan untuk sosialisasi kesehatan kepada masyarakat.

“Kita akan menggunakan speedboat ini, tidak hanya sesuai jadwal. Namun juga disesuaikan dengan kebutuhannya. Pelayanan keliling tahun ini, mungkin akand imulai dalam waktu dekat,” ujar Asep.

Dia mengatakan, speedboat khusus ini juga bisa digunakan untuk memberikan pelayanan yang bersifat insidentil. “Seperti untuk penanganan korban bencana alam atau lainnya. Kita bekerjasama dengan BPBD,” pungkas Asep. (sul)