Soft Drink dan Batu Ginjal

90
HOAX

eQuator.co.id – SEBUAH gambar mengerikan tersebar di media sosial. Gambar itu diklaim sebagai ginjal yang baru saja diangkat karena mengalami pembengkakan. Dalam ginjal tersebut, ditemukan banyak sekali batu kalsium oksalat karena si pemilik ginjal doyan mengonsumsi soft drink.

Sejumlah dokter yang dikirimi gambar tersebut oleh Jawa Pos melihat ada yang aneh. Terutama pada penampakan warna kuning yang besar dan begitu jelas yang disebut sebagai batu kalsium oksalat. Meski aneh, pesan yang disampaikan itu ternyata benar.

Dokter Nunuk Mardiana SpPD-KGH mengatakan, untuk memastikan jenis batunya, benda tersebut harus dikeluarkan dulu dari ginjal dan diperiksa. Dokter yang berpraktik di RSUD dr Soetomo itu menyebutkan, penyebab batu ginjal bisa dari makanan dan minuman.

”Bisa juga karena kurang minum,” lanjutnya.

Kurangnya air minum yang masuk ke tubuh akan membuat pembuangan sisa penyaringan di ginjal tidak lancar sehingga mengendap, lalu lama-kelamaan terbentuk batu. Salah satu minuman yang bisa menyebabkan terjadinya batu ginjal adalah soft drink atau minuman bersoda. Itu bisa terjadi karena minuman tersebut mengandung banyak bahan tambahan makanan meskipun masih dalam batas wajar.

”Soda yang masuk ke dalam tubuh akan disaring oleh ginjal. Di sini akan dipisahkan mana zat yang berguna untuk tubuh dan tidak,” tutur ahli gizi RSAL dr Ramelan Aniek Kurniawati SGz RD.

Zat-zat tidak berguna akan terkumpul menjadi satu dan menjadi cikal bakal terbentuknya batu kalsium di dalam ginjal. ”Kalau di RSAL, batu kalsium ini yang paling umum ditemukan pada pasien,” lanjut Aniek.

Aniek menyebutkan, dari beberapa hasil penelitian diketahui, orang yang mengonsumsi soda setiap hari memiliki risiko gangguan ginjal lebih besar jika dibandingkan dengan mereka yang minum seminggu sekali. Tetapi, tentu saja, pembentukan batu itu tidak serta-merta. Tetap melalui proses yang lama. (Jawa Pos/JPG)