SMA Bina Utama dan SMP 12 Pontianak Rebut Piala Gubernur

Lomba Formasi Pengibaran Bendera di SMAN 4 Pntianak

41
SANG JUARA. Tim paskibra SMA Bina Utama Pontianak berfoto bersama sambil memamerkan piala bergilir dari Gubernur Kalbar dan sejumlah piala lainnya--Suci Setiowati Nurdini/RK

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Pontianak sukses menggelar perlombaan LFPB (lomba formasi pengibaran bendera) untuk sekolah tingkat SMA dan SMP sederajat yang ada di Kalbar, sejak Sabtu-Minggu, (24-25/2). Sebanyak 16 tim pasukan pengibar bendera (paskibra) yang ikut bertanding di halaman SMAN 4 tersebut.

Panitia Pelaksana, Wardah Novaningtias mengatakan, tujuan dilaksanakannya perlombaan dengan tema ‘Bangkitkan Gelora Mudamu Melalui Paskibra’ ini bertujuan untuk mengasah kemampuan para peserta dalam melakukan tata cara pengibaran bendera. Baik pada saat upacara Senin maupun 17 Agustus.

“Selain itu, tujuan lomba ini yang utama untuk menjalin silaturahmi antar sesama anggota paskibra sekolah di Kalbar. Di sini juga mereka bisa berbagi ilmu PBB (pasukan baris berbaris) yang ada. Jadi saling sharing lah ya. Selain itu mereka dapat meningkatkan bakat mereka,” ujar pelatih paskibra SMAN 4 Pontianak ini kepada Rakyat Kalbar.

Perempuan yang akrab disapa Nova ini menambahkan, dalam perlombaan kali ini ada hal yang baru. Yakni terdapat beberapa piala dan kategori juara tambahan.

“Kalau tahun kemarin kita hanya memperebutkan piala bergilir Gubenur, kali ini kita ada piala bergilir SMAN 4. Ditambah lagi kategori pemenang lomba nggak hanya tiga besar tapi juga ada harapan satu dan dua,” kata Nova.

LFPB yang dilaksanakan sejak pukul 07.00-16.00 Wib ini juga ada perbedaan dari perlombaan pada umumnya. Jika lomba paskibra lainnya menitikberatkan pada variasi gerakan, tapi pada LFPB ini mengutamakan penggunaan PBB murni.

“Jadi, saya berharap dengan mengikuti paskibra ini, para generasi muda dapat menyalurkan bakat dan semangat mudanya dalam hal-hal positif,” harap dia.

Juri dalam perlombaan ini adalah perwakilan dari TNI, Sersan Sugiono dan perwakilan dari Polri, M Rais serta Purna Paskibraka Indonesia dari Pontianak, Rika Afriani dan alumni Paskibra SMAN 4, Tirta Arifin.

“Saya sangat mendukung terselenggaranya lomba paskibra ini. Saya berharap kedepannya untuk para pelatih dan siswanya dapat semakin termotivasi dalam kegiatan paskibra. Lebih memperdalam ilmu khususnya untuk sikap dasar agar satu persepsi antar sekolah agar tidak ada yang beda. Saya juga ucapkan selamat bagi para pemenang, semoga lebih baik lagi,” ucap Sugiono.

Dini, perwakilan anggota Paskibra SMA Bina Utama Pontianak mengucapkan rasa syukur karena timnya bisa meraih juara 1 umum. “Senang, haru, gembira rasanya. Ini hasil kerja keras kita latihan dari pagi sampai sore disaat panas terik. Harapan kita bisa mempertahankan apa yang sudah diraih. Karena mempertahankan lebih baik,” ujar Dini.

Untuk tingkat SMP, peraih juara 1 umum adalah Paskibra SMP 12 Pontianak. Selain juara umum, sekolah ini juga mendapatkan juara kategori The Best MC, The Best Pengibar dan Pemimpin.

“Persiapan untuk lomba ini pastinya lama ya. Kita berusaha dan kerja keras serta tawakal. Alhamdulillah kita juara 1 umum. Yang pasti bangga. Kita bersyukur dan senang. Harapan semoga bisa mempertahankan gelar ini dan lebih baik lagi,” ucap Ardhan, Pemimpin Paskibra SMP 12 Pontianak.

Laporan: Suci Setiowati Nurdini

Editor: Ocsya Ade CP