Sintang Targetkan 20 Puskesmas Naik Status

63
Ilustrasi NET

eQuator.co.id – Sintang-RK. Di tahun 2017,  Dinas Kesehatan Sintang menargetkan 20 Puskesmas yang tersebar di 14 Kecamatan Sintang dapat menyandang status terakreditasi.

“Jika sudah akreditasi,  maka berbagai pelayanan dan mutu pelayanan akan diutamakan dan ditingkatkan,” kata, Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Hary Sinto Linoh, Senin (9/1).

Ada 20 Puskesmas yang saat ini didaftarkan untuk menyandang status akreditasi. “Kita harapkan 2018 naanti,  semuanya  masuk akreditasi,” kata Sinto.

Sinto mengatakan, Puskemas bisa lulus akreditasi jika pada pendataan survei sudah menyelesaikan permasalahan tentang kesehatan sejak dini. Selain itu, Puskesmas juga dituntut membenahi administrasi menejemen dan mempersiapkan alur. Bahkan, pelayanan dan mutu kesehatan masyarakat juga menjadi tolak ukur untuk memperoleh status puskemas terakreditasi.

“Termasuk bagaimana saat menerima pasien, terus registrasinya seperti apa, kemudian bagaimana kesehatan masyarakat sekitar, seperti Posyandu, Poskesdes dan bagaimana peran kelompok masayarakat dalam menjaga kesehatan. Itu semua akan dinlai sebagai tolak ukur dalam memperoleh status Puskesmas terakreditasi,” jelasnya.

Ia berharap, peningkatan status akreditasi ini dapat menjadikan Puskesmas tersebut melakukan dalam upaya promotif, preventif, kuaratif dan pengelolaan menejemen kesehatan dengan baik.

Facebook Comments