Singgung Piagam Madinah saat Ceramah, Sutarmidji: Umat Islam Harus Menerima Keberagaman

23
Cagub Kalbar nomor urut 3, Sutarmidji
Cagub Kalbar nomor urut 3, Sutarmidji

eQuator.co.idPONTIANAK. Wali Kota Pontianak Non-Aktif karena sedang cuti kampanye Pilgub Kalbar 2018, Sutarmidji ditunjuk sebagai penceramah pada ibadah salat tarawih pertama di Bulan Ramadan tahun 2018, di Masjid Raya Mujahiddin.

Dalam ceramahnya, Sutarmidji menyampaikan pesan kepada jamaah untuk saling menjaga persatuan dan kesatuan.

“Umat Islam itu harus bersatu agar kuat. Sesuai dengan ajaran agama untuk saling bahu membahu dan tolong menolong,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Sutarmidji juga menyampaikan isi dari Piaga Madinah yang berisikan tentang semua umat yang tinggal di Madinah harus bersama-sama untuk menjaga persatuan di Kota Madinah.

“Kita juga sebagai umat Islam harus menerima keberagaman, karena Nabi Muhammad juga mengajarkan untuk keberagaman terhadap kaum-kamu yang tinggal di Madinah. Dan semua tertuang di Piagam Madinah,” jelas Sutarmidji.

“Isi Piagam Madinah itu berisikan tentang saling menjaga persatuan dan kesatuan. Jadi apabila Madinah diserang, maka semua kaum yang tinggal di Madinah wajib untuk melindunginya, tanpa terkecuali,” tambah Sutarmidji.

Sebagai penutup, Sutarmidji juga mengimbau semua Masyarakat Kota Pontianak dan Kalimantan Barat untuk tidak terpancing dengan isu-isu yang bertujuan untuk memprovokasi.

“Kita tidak boleh terpancing dengan provokasi yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Apabila ada yang memprovokasi cukup senyumin saja. Kita harus saling ciptakan suasana yang damai dan harmonis di Bulan yang penuh berkah ini,” kata Sutarmidji sambil menutup ceramahnya.