Siapa yang Lebih Gesit, Lincah dan Cerdas akan Maju

393

eQuator – Singkawang-RK. Tahun Baru Imlek 2567 yang dimulai pada 8 Februari mendatang, merupakan Tahun Monyet. Barangsiapa yang mempunyai sifat seperti monyet, yakni gesit, lincah dan cerdas pada tahun ini, maka akan maju.

“Bagi yang percaya, siapa yang gesit dan lincah dalam berusaha dan cerdas dalam menyikapi suatu permasalahan, maka pada tahun monyet ini akan mendapatkan kesuksesan,” kata Bong Wui Khong, Ketua Perhimpungan Hakka Indonesia (PHI) Kota Singkawang kepada wartawan, Senin (11/1).

Pada Tahun Monyet ini, kata Bong Wui Khong, semua masyarakat, terutama para pelaku usaha dituntut untuk lebih gesit dan lincah lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Supaya usahanya semakin sukses.

Bong Wui Khong mengingatkan, monyet merupakan binatang yang bisa hidup rukun dengan lainnya. Sehingga, perbanyaklah teman pada tahun ini. Hal itu bisa mendatangkan rezeki.

“Monyet makan seperlunya saja. Kalau sudah kenyang, maka akan dibuangnya.
Artinya, bagaimana kita harus lebih sering berbagi (jangan makan
sendiri, red) alias rakus,” jelas Bong Wui Khong.

Hal senada juga disampaikan, Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang, Sumberanto Tjitra SH. “Seperti sifat-sifat monyet, siapa lebih giat bekerja maka keberuntungan akan berpihak kepadanya,” ujarnya.
Terpisah, salah seorang ahli Fengshui, Pembaca Garis Tangan, dan
Pengobatan Alternatif, Suhu Yo‎ mengatakan, tahun ini ada beberapa Shio yang amsyong (kurang beruntung) yakni Shio Babi, Macan, Ular, dan Monyet. “Shio Monyet sendiri akan mengalami kesibukan dalam mencari uang, mencari nafkah, banyak pengeluaran yang tidak terduga,” katanya.
Pada 2016 ini, orang dibawa naungan Shio Ular banyak bertikai dalam rumah tangga dan usaha. Sedangkan yang ber-shio Macan bisa bertikai dalam rumah tangga yang berujung pada perceraian. “Yang paling parah itu adalah yang ingin kawin pada 2016, Shio Macan itu banyak yang gagal,” kata Suhu Yo.
Bagi Shio Babi, jangan pindah pekerjaan. Apabila pindah, makan akan menjadi pengangguran sepanjang tahun.

Tahun ini, ungkap dia, yang beruntung Shio Tikus dan Naga. Kehidupan mereka akan lebih baik, usaha atau job-nya berdatangan. “Di tahun ini yang bagus itu bidang yang berhubungan dengan pertanian, hasil bumi dan herbal, bisa meningkat tajam. Yang menurun itu bidang perumahan, otomotif dan pakaian,” tutup Suhu Yo.

Laporan: Mordiadi