Sensus Ekonomi Perlu Dukungan Semua Pihak

207
Kartius Pj Bupati Ketapang saat membuka Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 di Hotel Borneo Emeral Kamis (10/12)- Humas

eQuator – Ketapang-RK. Untuk suksesnya Sensus Ekonomi 2016 yang digelar BPS (Badan Pusat Statistik-red ) tentu tidak terlepas dari dukungan dan peran serta semua pihak . Termasuk  dukungan Pemerintah Kabupaten,  pelaku usaha serta masyarakat.
“Sensus Ekonomi yang digelar BPS 2016 nanti harus didukung semua pihak . Hal ini penting dan bermanfaat bagi Pemerintah , pelaku Usaha,  peneliti dan akademisi serta masyarakat,” Kata Kartius Pj Bupati Ketapang saat membuka Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 di Hotel Borneo Emeral Kamis (10/12)
Dikatakan PJ Bupati Ketapang , Bagi pemerintah Kabupaten Ketapang khususnya, manfaat sesnsus ekonomi ini merupakan landasan perencanaan dan pngambilan kebijakan serta sebagai evalasi kegiatan. Demikian juga bagi pelaku usaha yg manfaatnya berguna untuk mengetahui posisi dan peluang usaha serta daya saing usaha, Bagi peneliti, akademisi pun bermanfaat bagi penelitian ilmiah dan jadi bahan pengasmatan bidang ekonomi.
“Sangat disayang jika kegiatan seperti ini tidak ikuti. Apakah dari pihak pemerintah maupun pelaku Usaha.serta peneliti dan pihak akademisi Manfaatnya jelas banyak yang akan menguntungkan kita semua . Serap betul betul apa yang dissampaikan moderator. Kurang paham tanyakan. Sehingga nantinya  berikan lah  data yg valid, akurat dan benar serta dapat dipertanggung jawabkan kepada petugas sensus BPS . Sebab siapa lagi yang peduli selain kita kita ini,” tegas Kartius
Sementara itu menurut Kepala Kantor BPS Kabupaten Ketapang, Munawir SE MM dalam kesempatan tersebut mengatakan, sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 secara umum dimaksudkan untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar kegiatan ekonomi diluar sektor pertanian.
“Bukan hanya mengumpulkan dan menyajikan data ekonomi, tapi  Outputnya Sensus Ekonomi 2016 merupakan landasan penyususnan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional dan regional,” kata Munawir
Secara khusus juga katanya, Sensus Ekonomi 2016 untuk memperoleh imformasi dasar yg mencakup semua sektor ekonomi. Disamping itu untuk memberi gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi.
“Memperoleh imfo dasar, memberi gambaran bidang ekonomi, serta mengetahui karakteristik usaha dan daya saing bisnis di Indonesia,” ujar Munawir
Banyak Sektor yang didata pada SE 2016, Antara lain sektor pertambangan, Industri pengolahan dan pengadaan listrik serta perdagangan besar, eceran, reparasi hingga perawatan mobil dan sepeda motor. Juga termasuklah Transportasi , pergudangan, kontruksi, usaha penyediaan akumodasi dan penyediaan makan minum serta banyak lagi yg lainnya yg sifatnya pelaku ekonomi. Terang Munawir (Jay/Humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here