Sekolah Sehat, Prestasi Meningkat

179
Sekda Ketapang membuka rakor UKS- Jaidi Chandra

eQuator – Ketapang-RK. Merumuskan strategi dan kebijakan percepatan peningkatan derajat kesehatan dan prestasi belajar anak sekolah, Pemkab Ketapang menggelar rapat koordinasi pemantapan dan pengembangan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Aula Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Ketapang, Kamis (26/11) yang dibuka Pj Bupati Ketapang diwakili Sekda Ketapang, Drs H.M.Mansyur M.Si.
Menurut Bupati Ketapang dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Ketapang  bahwa rapat koordinasi UKS ini sangat penting untuk diikuti. Karena tujuannya untuk mempercepat peningkatan status kesehatan dan prestasi anak sekolah.
“Mari kita pahami dan kita tumbuh kembangkan UKS secara bersama sama,” kata HM. Mansyur.
Ia melanjutkan, dalam pemahaman UKS maka perlu dimotivasi  secara bersama-sama  sehingga bisa diwujudkan terwujudnya lingkungan sekolah yang sehat. Jika sekolah sehat, maka siswa akan sehat. Jika anak didik sehat, maka dapat menciptakan generasi yang sehat pula. Untuk mewujudkan sekolah yang sehat, maka ada  strategi UKS. Salah satunya
meningkatkan mutu pendidikan melalui prilaku hidup sehat dan bersih.
“Pihak sekolah harus dapat melaksanakan Trias UKS ini, yaitu pendidikan kesehatan, Pelayanan kesehatan serta pembinaan lingkungan sehat,” papar Mantan Kadis Pendidikan Ketapang.
Sementara itu, Kepala bagian Kesra Setda Ketapang Hj. Utin Syamsiah menegaskan Rakor UKS Tingkat Kabupaten Ketapang digelar  dalam upaya meningkatkan peran lintas sektor dalam pelaksanaan program UKS.Demikian juga meningkatkan kemandirian program UKS di sekolah.

Peserta Rakor UKS tingkat Kabupaten Ketapang,  yang dilakukan ini diikuti 60 orang peserta. Mereka berasal dari empat kecamatan yakni Delta Pawan, Muara Pawan, Benua Kayong dan Matan Hilir Selatan. Dimana, para peserta diantaranya adalah Kepala Puskesmas, UPPK Dinas Pendidikan Kecamatan, Ketua TP PKK Kecamatan, para Guru dan Pembina UKS di sekolah termasuk guru dan pembina sekolah dari pemenang lomba sekolah sehat Tingkat Kabupaten Ketapang tahun 2015.
Sedangkan Nara sumber Rakor UKS yang digelar satu hari ini berasal dari pihak terkait dilingkungan Pemkab Ketapang, seperti dari Bagian Kesra Sekretariat daerah, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan TP-PKK Kabupaten Ketapang. (Jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here