Sehat itu Syarat Maju

Jalan Santai dan Senam Bersama

23
START. Bupati Landak, Karolin Margret Natasa melepas peserta jalan santai di garis start, di Jalan Stadion Patih Gumantar Ngabang, Jumat (6/10) pagi. Antonius-RK

eQuator.co.idNgabang-RK. Kabupaten Landak yang kini berusia 18 tahun, tidak akan pernah maju dan hebat, kalau sumber daya manusianya tidak selalu dalam keadaan sehat. Karena salah satu syarat untuk maju itu adalah sehat.

“Kalau tidak sehat, tidak bisa bersaing dengan daerah lain atau manusia dari tempat lain,” kata dr Karolin Margret Natasa, Bupati Karolin, sebelum melepas keberangkatan peserta Jalan Sehat, di Jalan Stadion Patih Gumantar Ngabang, Jumat (6/10) pagi.

Dokter pernah bertugas di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Mandor mengatakan, sehat merupakan modal awal untuk maju. “Sehat ini menuntun kita menuju sukses,” kata Karolin.

Selain rutin memeriksakan kesehatan dan mengonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur juga merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Begitu banyak jenis olahraga, di antaranya berjalan kaki.

Olahraga berjalan kaki lebih sering disebut dengan Jalan Sehat. Kegiatan ini sering digelar untuk merayakan momen tertentu, seperti Jalan Sehat di Ngabang ini, untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak tahun ini.

Ribuan peserta yang berpartisipasi dalam Jalan Sehat yang dilepas dan diikuti Karolin tersebut. Mereka dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Tentara Nasional Indonesia (TNI), pelajar dan masyarakat luas.

Setelah peserta Jalan Sehat sampai ke finis, dilanjutkan dengan Senam Bersama di halaman Kantor Bupati Landak. Selanjutnya pembagian doorprize bagi peserta yang beruntung.

“Kita harus bersyukur, atas apa yang telah diberikan kepada warga Landak hingga hari ini. Di usia yang masih muda ini, banyak hal yang masih kurang, itu yang harus kita perbaiki,” tutup Karolin.

Laporan: Antonius

Editor: Mordiadi