Seberapa Penting Penggunaan Kursi Roda Untuk Pasien dan Rumah Sakit?

835
Ilustrasi - Net

eQuator.co.id – Sudah menjadi keharusan bagi rumah sakit untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasiennya, baik mereka yang kurang mampu ataupun berkecukupan. Kian banyak pelayan yang diberikan maka kian bagus kualitas rumah sakit tersebut. Salah satu fasilitas yang banyak dipakai oleh hampir seluruh rumah sakit adalah kursi roda.

Penggunaan kursi roda tidak hanya untuk rumah sakit saja, setiap orang yang mengalami cedera kaki ataupun lainnya bisa menggunakan kursi roda sebagai alat bantu jalan dalam masa penyembuhan.

Kursi roda memberi banyak manfaat untuk pasien, dan dapat dipastikan seluruh rumah sakit sekarang ini menggunakan kursi roda untuk kegiatan operasionalnya. kursi roda sendiri sudah ada dari ribuan tahun yang lalu, dan hingga sekarang ini kursi roda tersedia bermacam jenis yang dapat digunakan.

Di rumah sakit sendiri kursi roda yang digunakan itu muali dari kursi roda tradisional atau manual yang mana cara kerjanya di dorong oleh perawat atau seorang untuk mengatarnya ke tempat tujuan hingga kursi roda yang lebih canggih lagi yaitu kursi roda elektrik. Harga kursi roda sendiri sangat beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. untuk daftar harga kursi roda terlengkap Anda bisa lihat di ralali.com.

Bagi rumah sakit, menyediakan kursi roda memang menjadi kewajiban sebagai salah satu fasilitas bagi pasiennya. Kursi roda yang digunakan rumah sakit pada umumnya kursi roda yang masih menggunakan tenaga manusia. Walaupun masih manual, namun memberikan banyak manfaat. Berikut ulasannya.

Membantu memindahkan pasien

Apabila pasien mesti berjalan dari ruangan satu menuju ruangan lainnya, hal tersebut tentunya akan mengganggu kesehatannya. Dengan kursi roda maka pasien yang baru menjalani operasi maupun sedang dalam masa penyembuhan akan lebih mudah diantar menuju ruangan.

Membantu pekerjaan tim medis

Tim medis terutama perawat, mesti memindahkan pasien dari tempat satu menuju tempat lainnya. Dengan adanya kursi roda tentu akan memudahkan perawat. Bayangkan, apabila tidak terdapat kursi roda, lantas bagaimana cara tim medis membantu pasiennya untuk berpindah?

Sarana pasien untuk mencegah kebosanan

Terdapat banyak pasien yang merasa bosan sewaktu berada di rumah sakit, terlebih jika dalam jangka waktu yang lama. Solusi mencegah kebosanan tersebut adalah dengan mengajaknya jalan-jalan di area rumah sakit. Kursi roda tersebut membantu pasien yang ingin berjalan-jalan untuk mengilangkan kebosanan.

Membantu penyembuhan pasien

Adanya kurdi roda, pasien akan lebih mudah menjalani masa penyembuhan terutama untuk pasien yang mengalami cedera pada bagian kaki. Pasien akan lebih mudah melakukan aktivitas penyembuhan dengan memakai kursi roda.

Kualitas kursi roda yang diberikan mesti diperhatikan. Rumah sakit terbaik akan meberi fasilitas kursi roda yang berkualitas dan lebih banyak, sehingga tak ada pasien yang terlantarkan sewaktu mereka memerlukan pertolongan.