Sapu Bersih, Target Menang di 15 Kecamatan

PH-YO, Koalisi Sembilan Partai

48
Didampingi Pangeran Ratu Surya Negara Gusti Arman, dan diiringi hadrah, pasangan PH-YO mendaftar ke KPU Sanggau, Senin (8/1)---Kiram Akbar

eQuator.co.id – Sanggau-RK. Ketua tim pemenangan pasangan Poulus Hadi-Yohanes Ontot (PH-YO), Jumadi menargetkan pasangan PH-YO menang di 15 kecamatan. Bukan tanpa alasan. Pasalnya koalisi partai pasangan petahana ini tak tanggung-tanggung, sembilan partai.

“Saya tidak bicara persen-persen, saya bicara menang. Secara logika akal sehat, seperti yang disampaikan Ketua Koalisi Partai, Krisantus, satu partai politik saja kalau dia punya kepengurusan sampai ke ranting itu sudah 7000, tinggal kali sembilan. Berapa puluh ribu. Kalau dia bisa satu orang cari sepuluh orang, sudah berlebih jumlah suara kita. Artinya pada prinsipnya kita menang,” katanya kepada wartawan usai mendampingi pasangan PH-YO mendaftar ke KPU Sanggau, Senin (8/1).

Jumadi sangat yakin, dukungan yang diberikan partai tersebut akan sampai ke akar rumput. Selain faktor partai, masyarakat dinilainya senang akan figur pasangan PH-YO. “Orang melihat apa yang telah dilihat lima tahun. Semua 15 kecamatan kita punya basis. Kita targetkan semua di 15 kecamatan kita menang,” tegasnya.

Soal pasangan YAS yang juga akan maju, Jumadi enggan berkomentar banyak. Menurut dia, persaingan dalam demokrasi, sah-sah saja. “Mungkin mereka berpikir, ada basis tersendiri, kita juga punya, 15 kecamatan kita harus optimis menang,” ujarnya.

Terkait komitmen Pilkada damai, Jumadi berjanji akan menggelar rapat tim.Yang pasti keamanan selama Pilkada harus diutamakan. “Tentunya saya akan mengingatkan kepada rekan-rekan tim koalisi ini, kita melakukan demokrasi yang bagus, yang santun, yang memang bermanfaat untuk masyarakat Sanggau. Janganlah ajang Pilkada ini menjadi permusuhan. Bagaimana kita menjaga keamanan. Karena kalau aman demi kebaikan kita semua,” pungkasnya.

Sebelum mendaftar ke KPU, pasangan PH-YO terlebih dahulu menggelar deklarasi dan orasi politik di Gedung Balai Betomu Sanggau. Deklarasi dihadiri pada ketua partai koalisi yaitu PDI Perjuangan, Demokrat, Hanura, Gerindra, Nasdem, PAN, PKPI, PPP dan PKS.

Ketua tim relawan PH -YO, Gusti Arman menyampaikan PH-YO didukung sembilan partai dan di dukung seluruh etnis Melayu Sanggau terutama yang bergabung di dalam tim relawan kerabat PH – YO.

“Paolus Hadi sudah kita angkat sebagai kerabat Keraton Surya Negara. Alangkah naifnya jika sembilan partai ditambah kita kerabat PH-YO ini sempat kalah,” katanya.

Pasangan PH-YO tiba di gedung KPU Sanggau sekitar pukul 13.00.

Sementara itu, Ketua KPU kabupaten Sanggau, Sekundus Ritih mengatakan pihaknya telah menerima pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sanggau, Paolus Hadi-Yohanes Ontot.
“Syarat-syaratnya ada dan sah pencalonanya. Kemudian syarat calonya ada yang harus diperbaiki lagi seperti LHKPN, SK tim kampenye, karena tadi baru ada sampai kabupaten. Untuk kecamatan dan bawahnya lagi belum, karena masih ditingkat paslon untuk konsolidasi, masih ada masa perbaikan,” ungkapnya.
Pihaknya juga sudah memberikan surat pengantar untuk periksa kesehatan, jasmani, rohani dan bebas narkoba. “Kita lagi tunggu jadwal mereka karena disesuaikan, pada prinsipnya dari tanggal 8 sampai tanggal 15 pemeriksaan kesehatan di Pontianak,” tuturnya.
“Rencananya besok (hari ini, red) ada informasi ke kita, tanggal berapa pastinya, karena kita harus siapkan,” tambahnya.

Sekundus menambahkan, untuk syarat yang kurang, diberikan batas waktu pada 17-20 Januari untuk dilengkapi.

 

Laporan: Kiram Akbar