Sambas Dapat Pemimpin Baru

649
PLENO KPUD. Atbah Romin Suhaili menerima BA dan SK hasil rekapitulasi dan pleno terbuka penetapan dirinya sebagai Bupati Sambas periode 2016-2021 di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Sambas, Selasa (22/12). M RIDHO

eQuator – Sambas-RK. Kabupaten Sambas akan dipimpin pasangan pimpinan baru, H. Atbah Romin Suhaili, Lc-Hj. Hairiah, SH, MH. Pasangan ini ditetapkan KPUD sebagai pemenang Pilkada melalui rapat pleno di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Sambas, Selasa (22/12).

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sambas nomor urut 2 ini memperoleh 126.600 atau 52.82 persen suara sah. Mengalahkan incumbent dr Hj Juliarti Djuhardi Alwi, MPH-Ir. Hasanusi, MM dan Tony Kurniadi, ST-Hj. Eka Nurhayati. Atbah-Hairiah akan memimpin Kabupaten Sambas periode 2016-2021.
“Setelah pleno rekapitulasi suara kemarin, kita memberikan tenggat waktu 3 x 24 jam bagi pasangan calon untuk melakukan gugatan. Alhamdulillah, Pilkada Sambas tidak ada gugatan, berdasarkan surat dari Mahkamah Konstitusi (MK), sehingga bisa dilaksanakan penetapan pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Sambas periode 2016-2021,” kata, Su’aib, S.Pd, Ketua KPUD Sambas, kemarin.
Rapat pleno terbuka dihadiri calon bupati H Atbah Romin Suhaili, Forkopinda dan tim sukses pasangan calon bupati dan wakil bupati lainnya. SK penetapan calon terpilih akan diserahkan kepada ketua DPRD, Panwaslu dan Parpol koalisi pengusung pasangan Calon. Rapat pleno KPU memutuskan nama dan data calon Bupati-Wakil Bupati Sambas sesuai hasil BA tentang rekapitulasi model DB1-KWK yang disahkan.
Anggota KPUD Sambas, Suhardi, SH membacakan SK penetapan Atbah-Hairiah sesuai BA nomor 102/BA/XII/2015 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sambas tahun 2015. Kemudian BA Nomor 103/BA/XII/2015 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sambas periode 2016-2021, surat panitera MK Republik Indonesia Nomor 120/PAN.MK/12/2015 tanggal 21 Desember 2015, perihal Keterangan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2015.
Calon Bupati Atbah mengatakan, ditetapkan dirinya sebagai calon bupati terpilih, merupakan atas keinginan masyarakat Sambas. Dia sangat bersyikur dan berterima kasih kepada masyarakat yang memberikan amanah kepadanya.

“Kita hormati dan hargai proses Pilkada, sampai hari ini berjalan aman, sukses dan lancar, serta menjadi pembelajaran yang sangat berharga bagi masyarakat Kabupaten Sambas. Tentunya tentang demokarasi yang sangat baik. Saya hargai itu semua,” ujar Atbah.
Suksesnya tahapan Pilkada tidak terlepas dari peran KPUD Sambas, Panwaslu, kepolisian, TNI dan Bupati-Wakil Bupati aktif saat ini. Semua lembaga itu telah menjaga kondisi dan situasi kondusif dalam seluruh proses Pilkada di Sambas hingga penetapan. “Kita sangat bersyukur atas kondisi ini, terimakasih juga kepada Tony Kurniadi ST, MSi dan Hj Eka Nurhayati, SE beserta seluruh tim, pemilih dan partisannya,” tegas Atbah.
“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada ibunda kita, ibu dr Hj Juliarti Djuhardi Alwi MPH dan Ir H Hasanusi MM beserta tim, seluruh partisan yang turut menjaga situasi aman dan kondusif,” sambungnya.

Dia berkomitmen memberikan kontribusi apa adanya dan optimal bagi masyarakat Sambas. “Karena kebahagian kami hari ini adalah kebahagiaan masyarakat Kabupaten Sambas. Masyarakat Kabupaten Sambas inilah yang menjadi pemenang Pilkada Sambas ini,” jelasnya.
Dalam menjalankan roda pemerintahan, kepada masyarakat, elemen, organisasi, pejabat, PNS dan tenaga profesional untuk bekerja terus menerus bekerja sesuai bidangnya masing-masing. “Kami dengan nawaitu dan niat baik, berjuang seoptimal mungkin agar lahir sebuah pemerintahan yang bersih,  berintegritas dan menawarkan kepedulian yang lebih kepada masyarakat. Kami akan konsen melayani masyarakat,” janji Atbah.

Laporan: M Ridho

Editor: Hamka Saptono