Saingan Rio Balik ke Manor

81
Rio Haryanto - NET

eQuator.co.id – Mantan kandidat kuat penghuni kursi balap tim Manor Racing Alexander Rossi akhirnya kembali ke skuad Sheffield itu dengan peran lain. Pembalap Amerika Serikat yang pada saat-saat terakhir tergusur oleh Rio Haryanto sebagai pembalap full series itu kini didapuk sebagai pembalap cadangan Manor.

Sebagai pembalap cadangan tentu Rossi akan berpeluang membalap jika Rio Haryanto atau rekan setimnya Pascal Wehrlein berhalangan. Atau jika pembayaran fee dari Rio ke Manor tak sesuai janji. Itu sempat terjadi musim lalu ketika Roberto Merhi kemudian menggantikan Rossi selama lima seri.

Rossi sebenarnya sudah terikat kontrak dengan tim Andretti Autosport yang berlaga di Indy Car. Dia resmi menjadi pembalap cadangan selama 11 seri sejak di GP Rusia, di Sochi, Mei.

’’Aku telah menginvestasikan hampir seluruh karirku di F1 dan aku bukan orang yang puas dengan berdiam diri untuk menantikan kesempatan itu datang. Jadi (peran sebagai pembalap cadangan) ini adalah upayaku untuk menjaga skill-ku tetap tajam dan siap,’’ jelas pembalap 24 tahun tersebut dilansir Crash.

Dengan berlaga di ajang ketat seperti IndyCar, Rossi juga berharap insting membalapnya tidak tumpul. Apalagi Andretti adalah tim juara di balapan open wheel paling tersohor di Amerika Utara itu. ’’Jadi jadwalku musim ini sangat ketat, meski tak lebih ketat dari seorang pembalap F1 full series,’’ tandasnya.

Direktur Balap Manor Dave Ryan menyambut kembalinya Rossi ke tim yang sudah dikenalnya sejak setahun belakangan. Menurutnya, menjadi pembalap IndyCar satu musim penuh plus perannya sebagai pembalap cadangan di F1 akan menguntungkan karirnya di masa depan. ’’Kami beruntung punya pembalap sekaliber Rossi di posisi ini (pembalap cadangan),’’ ujarnya.

Dengan perannya sebagai pembalap cadangan, Rossi akan punya kesempatan untuk turun pada latihan resmi F1 di akhir pekan. Biasanya pada hari jumat di latihan bebas pertama. (cak)