Rusman dan Hermanus Pelototi Pilkades Serentak Kubu Raya

Pertama Kali Dilakukan di Kalbar,

238
PILKADES SERENTAK PERDANA. Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus, memantau langsung Pilkades serentak di beberapa desa yang terletak di Kecamatan Sungai Ambawang, Sabtu (9/12) siang. SYAMSUL ARIFIN

eQuator – Kubu Raya-RK. Sadar desa sebagai ujung tombak pemerintahan di Kubu Raya, pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat memelototi pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 39 desa, Sabtu (9/12) siang. Bupati Rusman Ali wanti-wanti dengan camat maupun calon Kades yang curang, Wakil Bupati Hermanus blusukan ke lima desa.

Karena waktu dan jarak tempuh tak cukup untuk menggapai semua desa di sembilan kecamatan, Hermanus memilih memantau Kecamatan Ambawang saja. Yang dikunjunginya antara lain Desa Sungai Durian, Desa Kuala Ambawang, Desa Korek, Desa Lingga, dan Desa Pancaroba.

“Mengingat letak geografis desa yang menggelar Pilkades serentak ini jauh dari ibu kota Kabupaten,” ujar Hermanus di Desa Kuala Ambawang.

Sejatinya, Pilkades di Kabupaten Kubu Raya serentak dilakukan di 41 desa. Namun, dua‎ desa diantaranya, Pinang Dalam dan Ambawang di Kecamatan Kubu, sudah melakukan Musyawarah Desa dalam proses pemilihan Kadesnya. Di sana, digelar Pilkades antarwaktu.

‎”Alhamdulillah, dari pantauan, seluruh proses Pilkades sampai dengan pemungutan suara hari ini berjalan lancar. Tingkat kehadiran pemilih cukup tinggi dan kandidat Kades juga terlihat harmonis,” tutur Hermanus.

Para Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) pun dinilainya sudah menjalankan tugas dengan baik. “Mengingat para PPKD ini juga sudah memiliki pengalaman Pilkada dan Pilpres. Yang curang dan terbukti akan kita tindak tegas,” bebernya.

Hermanus menambahkan, setelah hasil Pilkades didapat, pihaknya segera menggelar koordinasi dengan dinas terkait. Selanjutnya, akan dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kades yang juga dilakukan secara serentak awal Januari 2016 mendatang.

Terpisah, Bupati Rusman Ali juga memberikan atensi khusus. Ia menegaskan akan memberhentikan Kades terpilih plus camatnya yang curang dalam proses Pilkades tersebut.

“Kita dibantu 370 personil Polresta Pontianak dan Polres Mempawah yang bertugas mengawasi masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) untuk antisipasi kecurangan,” tuturnya.

Rusman menyatakan, Pemkab Kubu Raya melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) setempat sudah mempersiapkan dengan matang Pilkades serentak ini. Selama proses Pilkades pun, bupati berkoordinasi langsung dengan panitia di masing-masing TPS, via seluler, untuk memantau jalannya pesta demokrasi desa itu.

“Sebagai kabupaten pertama di Kalbar yang melakukan Pilkades serentak, saya meminta para Calon Kades bersikap jujur, camat pun tak boleh intervensi,” pinta dia.

Sebagai kepala daerah, ia mengaku bersikap netral dan profesional, tidak mendukung satupun Kandidat Kades yang bertarung. “Langkah ini seyogianya diikuti para camat,” demikian Rusman Ali.

 

Laporan: Syamsul Arifin

Editor: Mohamad iQbaL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here