Ribuan Netizen Tertipu Miniatur Bayi

13

eQuator.co.id – ENTAH karena enggan mencari kebenaran informasi atau memang sengaja menyebarkan hoax untuk tujuan tertentu. Yang pasti, belakangan banyak orang membagikan gambar-gambar patung beraliran realis sebagai makhluk hidup nyata. Termasuk patung bayi karya Camille Allen.

Camille Allen merupakan seniman asal Vancouver, Kanada. Sejak 2001, dia menekuni pembuatan patung dan boneka. Dia mengkhususkan diri membuat miniatur-miniatur bayi yang baru lahir (new born). Patung miniatur bayi buatan Allen berbahan tanah liat polimer dan resin.

Dalam situs resminya di camilleallen.com, seniman kelahiran 1980 itu mengaku tertarik dengan patung miniatur bayi karena mengingatkannya pada sebuah peristiwa kelahiran. ’’Saya merasa seperti bayi. Di mana bayi yang baru lahir itu sesuatu yang berharga dan rapuh. Bayi itu sebuah anugerah yang patut disayangi. Jadi, lewat patung, saya ingin mengingatkan semua orang tentang itu,’’ ujarnya.

Nah, karya-karya Allen inilah yang belakangan banyak disebarkan sebagai hoax. Sejumlah akun media sosial di Indonesia mengunggah foto-foto karya Allen seolah-olah bayi beneran. Di Facebook, Anda bisa menemukan karya Allen yang disebarkan sebagai hoax oleh Hedri Aprilina.

Pada 9 Oktober lalu, Hedri membagikan foto bayi mungil dalam sebuah genggaman tangan di grup bernama New Media Bersama. ”Bayi terkecil di dunia. Bayi ini dinobatkan sebagai bayi terkecil yang pernah lahir di dunia. Madeline Mann terlahir dengan rekor bayi terkecil di dunia dari Amerika Serikat yang lahir dengan berat badan kurang dari 0,5 kilogram.” Begitu status yang diunggah Hedri bersama foto patung karya Allen.

Yang lebih viral adalah hoax yang disebarkan akun YouTube Unik Aneh Nyata. Pada 24 Desember 2015, akun itu membuat video berjudul Bayi Terkecil Di Dunia – Bayi Yang Super Kecil. Video itu bergaya slideshow. Hanya rangkaian beberapa gambar yang diambil dari internet. Nah, salah satu foto yang digunakan juga karya Camille Allen.

Cara akun Unik Aneh Nyata memperdaya netizen cukup menarik. Slideshow foto yang ditampilkan bukan hanya patung karya Camille Allen. Tapi, dia juga menggabungkannya dengan gambar-gambar bayi yang terlahir prematur. Juga janin yang meninggal. Rangkaian itulah yang membuat patung karya Camille Allen seolah-olah bayi asli.

Hingga kemarin, video itu telah ditonton 954.320 kali dan disukai seribu orang. Yang merasa tidak suka dengan memencet tombol emoji thumbs down hanya 352 orang. Dari komentar-komentar yang ada, terlihat banyak orang yang teperdaya.

Misalnya komentar dari pemilik akun YouTube Indina Manzel. Dia mengaku ingin sekali memiliki adik seperti bayi dalam video tersebut. Juga akun Widya Sari yang mengatakan, ”Imut aku mau tuh jaganya”. Apanya yang dijaga ya? Memang satpam museum mau jagain patung.

Jadi, Anda jangan ikut tertipu ya. Lebih baik, ketika melihat gambar-gambar bayi super, mungkin Anda perlu berkunjung lebih dulu ke situs Camille Allen. Di sana, Allen memajang puluhan karyanya. Ada juga yang dijual dengan harga bervariasi. (Jawa Pos/JPG)

Fakta: Foto dan video bayi kecil di atas telapak tangan yang tersebar di media sosial bukanlah bayi sungguhan. Itu adalah patung miniatur bayi karya seniman Camille Allen.