Rayakan Malam Tahun Baru dengan Tertib

98
Pos pengamanan malam tahun baru di Pahauman kecamatan Sengah Temila. Antonius

eQuator – Ngabang-RK. Kapolres Landak, AKBP Wawan Kristyanto mengimbau masyarakat merayakan malam pergantian tahun 2015 ke tahun 2016 dengan tetap menjaga ketertiban dan keamanan.
Kepada pengendara kendaraan motor, juga diimbau tak menggunakan knalpot bersuara bising pada perayaan malam tahun baru nanti.
“Hal ini tentunya akan menyebabkan keresahan masyarakat dan mengganggu ketertiban masyarakat. Hindari juga penggunaan atau penyalahgunaan bahan berbahaya seperti narkoba dan minuman keras,” pinta kapolres.
Ia mengingatkan kembali, penyalahgunaan narkoba dan minuman kerasa tersebut termasuk hal yang melanggar hukum dan dapat juga meresahkan masyarakat. “Demikian juga dengan penggunaan kembang api dan petasan kita harapkan tidak dilakukan oleh orang-orang yang tidak mengerti memakai bahan peledak ini,” harapnya.
Wawan mengakui, memang ada beberapa titik lokasi perayaan malam tahun baru yang akan menggunakan kembang api. “Penggunaan kembang api inipun akan dioperasikan oleh orang yang sudah mengerti soal kembang api,” katanya.
Lebih terpenting lagi, masyarakat dilarang melakukan konvoi kendaraan bermotor keliling kota yang identik dengan perayaan malam tahun baru. “Saya harap konvoi kendaraan bermotor tidak dilaksanakan. Kalau masih melakukan konvoi, kita khawatir akan menimbulkan gangguan terhadap masyarakat lainnya,” ingat Kapolres.
Ketimbang konvoi, ia menyarankan lebih baik laksanakan malam pergantian tahun baru ditempat. “Demikian juga dengan risiko kecelakaan lalulintas akan minim,” katanya.
Hal ini juga diharapkan anggota Polres Landak di temui di pos pengamanan Sengah Temila,  Brigadir Roby Novika, di dampingi Bripka Kristian.
Ia berharap, masyarakat bisa tertib dalam penyambutan malam tahun baru. Agar arus lalu lintas lancar, aktivitas masyarakat lancar dan aman.
Apalagi di kecamatan Sengah Temila penduduknya ramai, penguna jalan raya hars tertib sadar berkendaraan. “Jangan sampai membuat macet di jalan raya. Semua ingin berjalan lancar,” harapnya.

 

Reporter: Antonius

Editor: Kiram Akbar