Pusat Bagi-bagi Mesin Jahit ke Sintang

Sudirman: Keterlaluan Kalau Penjahit Sintang Tidak Maju

120

eQuator – Sintang-RK. Sepuluh kelompok penjahit di Kabupaten Sintang saat tentunya sangat bersukacita. Pasalnya, mereka mendapatkan bantuan mesin jahit dari Pemerintah Pusat (Pempus) yang disalurkan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Sintang.

“Kita juga memberikan gunting, benang, kain dan perlengkapan yang lainnya. Kalau sudah lengkap begini, keterlaluan sekali jika tidak maju, apalagi mesin jahitnya sudah kita pilih yang modern,” kata H Sudirman, Kepala Disperindagkop dan UKM Sintang saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (29/12).

Jika sepuluh kelompok penjahit di Sintang tersebut berhasil, kata Sudirman, tentunya akan menjadi acuan bagi Pempus untuk memberikan bantuan serupa berikutnya. Makanya setiap kelompok harus bersungguh-sungguh memajukan usahanya. “Bantuan ini tidak hanya tahun ini. Tidak menutup kemungkinan akan ada bantuan untuk tahun berikutnya,,” ujarnya.

Sudirman juga menjanjikan akan membantu kemajuan kelompok usaha jahit di Sintang tersebut. Di antaranya dengan memprioritas promosi produk UKM, termasuklah hasil usaha para penjahit tersebut. “Ke depan promosi produk UKM akan menjadi prioritas utama dibandingkan produk usaha lain,” kata dia

Jangan sampai, tambah dia, warga Sintang sendiri nantinya tidak mengetahui hasil produk daerahnya atau membeli produk dari luar daerah yang sebenarnya merupakan produk Sintang.

Dalam setiap kegiatan pameran atau bazar nantinya, tambah Sudirman, promosi terhaap produk UKM akan lebih banyak. Bukan hanya dalam penyediaan stand tetapi juga pengenalan produk asal Sintang. “Ini kita lakukan agar produk UKM di Sintang dapat bersaing dalam penjualan, hingga masuk ke daerah lainnya,” jelasnya.

Sementara terkait peningkatan mutu produk UKM, jelas Sudirman, saat inin sedang dilakukan pembinaan dan fasilitasi para perajin. “Para perajin harus mampu menjadi wirausahawan, artinya selain menguasai teknik pembuatan, juga mampu mengoptimalkan potensi pasar,” tutupnya. (Adx)