Pramuka Paling Diminati

152
PAMER. Murid MIN Sanggau memperlihatkan beberapa tropi dan penghargaan di bidang kepramukaan, di halaman sekolahnya, jumat (22/1)

eQuator – Sanggau-RK. Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sanggau menggalakkan kegiatan Praja Muda Karana (Pramuka). Gayung pun bersambut. Kegiatan ekstrakurikuler ini yang paling banyak diikuti.

“Dari beberapa kegiatan ekstrakurikuler, yang paling banyak diikuti murid kita itu memang Pramuka,” ungkap Saidi Raden, Guru sekaligus Pembina Pramuka di MIN Sanggau ditemui di tempat kerjanya, Jumat (22/1).

Siadi menjelaskan, MIN Sanggau menggalakkan Pramuka lantaran di dalamnya banyak hal positif bagi murid. “Melalui kegiatan Pramuka, wawasan murid-murid bertambah, lebih disiplin, akhlaknya pun terbangun dengan baik, setia kawan, percaya diri dan lainnya,” paparnya.

Dia mengungkapkan, kegiatan Pramuka di MIN Sanggau hanya satu minggu sekali. Diisi dengan berbagai jenis pelatihan keterampilan. Rata-rata sangat disenangi peserta didik.

Pramuka ini, tambah Saidi, merupakan ekstrakurikuler wajib, karena di dalamnya terdapat pendidikan karakter yang tidak hanya berupa penyampaian materi, terutama juga disertai dengan praktiknya. “Berbagai prestasi pun telah kita torehkan dalam kegiatan Pramuka ini,” katanya.

Beberapa waktu yang lalu, ungkap Siadi, Pramuka MIN Sanggau menjadi juara beberapa cabang lomba. Di antaranya, Pramuka Siaga Ceria yang berisikan lomba memasang tenda, menyusun puzzle, dan mengiring bola. “Semua sarat akan pendidikan karakter,” tutupnya. (cok)