Posyandu Sebagai Ujung Tombak Pelayanan Kesehatan

Bupati: Dikelola dengan Prinsip Pemberdayaan Masyarakat

131
Penghargaan. Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali menyerahkan penghargaan terhadap kader posyandu di Kabupaten Kubu Raya, belum lama ini. Syamsul Arifin/RK.

eQuator.co.id – Kubu Raya-RK. Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali menuturkan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam pengembangan posyandu sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan ibu dan anak mencakup lima fungsi.

Seperti pelayanan KB dan pelayanan dasar guna menurunkan angka kematian ibu dan bayi, imunisasi, pemantauan, pertumbuhan, penyuluhan gizi dan kesehatan.

“Kelima fungsi itu harus dilaksanakan dengan baik oleh setiap kader posyandu di Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan posyandu dikelola dan diselenggarakan dengan prinsip pemberdayaan masyarakat,” ujar Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali, Selasa (13/12).

Lebih lanjut, H Rusman Ali menjabarkan, keberadaan posyandu harus menjadi pusat gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga serta gerakan ekonomi keluarga sejahtera yang sedang dikembangkan pemerintah saat ini.

“Keberadaan posyandu akan membantu masyarakat untuk hidup sehat dan sejahtera sehingga berkontribusi dengan misi meningkatkan aksebilitas serta kualitas penyelenggaraan pelayanan kesehatan,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kubu Raya berjanji akan terus memperhatikan semua posyandu dan kader posyandu yang ada di Kabupaten Kubu Raya. Hal itu penting agar keberadaan sarana maupun prasarana dapat melayani masyarakat secara optimal.

“Ke depan kader-kader posyandu akan diberikan pendampingan serta pembinaan sehingga bisa menjadi agen-agen perubahan dalam memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya,” ulasnya.

Reporter: Syamsul Arifin

Redaktur: Andry Soe