Pontianak Punya Bank Soal Berbasis Online

Satu-satunya di Indonesia

316
AUDIENSI. Kepala Dinas Pendidikan Kota Pontianak, Mulyadi (kanan) saat menerima audensi Rakyat Kalbar di ruang kerjanya, Senin (15/2). Gusnadi-RK.

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Guna memudahkan siswa belajar, Dinas Pendidikan Kota Pontianak menyediakan e-book berupa Bank Soal berbasis online. Bisa diakses di website resminya http://multicast.dindikptk.net/bank_soal/.

“Sudah diarahkan Menteri, bahwa pendidikan itu tidak lagi di buku, tetapi digital. Sehingga mengurangi beban anak sekolah membawa buku,” ujar Mulyadi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pontianak saat menerima audensi Rakyat Kalbar di ruang kerjanya, Senin (15/2).

Asalkan perangkat komputer terkoneksi internet, bukan hanya guru yang bisa mengakses Bank Soal tersebut, siswa juga bisa. Fasilitas ini bukan hanya untuk SMA sederajat, tetapi juga sampai ke tingkat SD.

Memanfaatkan Bank Soal berbasis online ini, kata Mulyadi, sangatlah mudah. Bukan hanya bisa melalui komputer. Asalkan siswa atau guru memiliki gadget canggih dan terkoneksi ke internet, niscaya bisa mengaksesnya.

“Kita sudah mempunyai program itu. Jadi kalau guru mau menggunakan soal ujian, bisa langsung terkoneksi. Kita sudah sampai di sana. Inovasi ini berjalan satu sampai dua tahun belakangan,” ungkap Mulyadi.

Dia menjelaskan, dengan memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi atau Information Technology (IT) yang disertai tenaga teknis yang memadai, Bank Soal berbasis online ini menjadi faktor pendukung terwujudnya Smart City.

Mulyadi berharap, Bank Soal yang disuguhkan Dinas Pendidikan Kota Pontianak secara online cukup lengkap. Sehingga memudah para siswa. Misalnya, ketika berhalangan hadir ke sekolah, bisa langsung belajar melalui e-book tersebut.

“Siswa yang tidak bisa hadir ke sekolah itu tinggal bertanya ke temannya yang masuk terkait apa yang dibahas di sekolah. Kemudian dia bisa belajar di beranda (website) yang kita miliki,” papar Mulyadi.
Inovasi Dinas Pendidikan ini menjadikan Kota Pontianak sebagai satu-satunya daerah di Indonesia yang memiliki Bank Soal berbasis online. “Bank Soal berbasis online menurut Kementerian baru dimiliki oleh Kota Pontianak. Soal yang dimasukkan juga sangat banyak dan diseleksi,” kata Mulyadi bangga.

Laporan: Gusnadi

Editor: Mordiadi