Polda Kalbar Luncurkan Aplikasi Kinerja

Musyafak: Tipe A, Kinerja Harus Meningkat!

145
Kapolda Kalbar Musyafak

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Perkembangan teknologi menuntut perubahan dalam banyak bidang. Termasuk juga salah satunya di lembaga-lembaga penagakan hukum seperti kepolisian. Seolah ingin menjawab tuntutan tersebut, Polda Kalbar meluncurkan aplikasi kinerja Polda Kalbar di Graha Khatulistiwa lantai 3 Mapolda Kalbar, Kamis (1/9) siang.

Dalam kata sambutannya, Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Musyafak MM menyatakan, bahwa sudah menjadi tuntutan bagi Polda Kalbar yang sekarang bertatus tipe A harus terus meningkatkan kinerjanya. Musyafak mengharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat merubah prilaku aparat yang semula hanya berupa rutinitas dan sekedar formalitas dalam menyusun rencana kegiatan, melaksanakan kegiatan serta mendokumentasikan dan mengevaluasi kegiatan menjadi lebih aktual dan faktual.

“Nanti saya ingin sampai ke bawah semua sudah pasang aplikasi ini di gadgetnya masing-masing, sehingga di lapangan bisa langsung mendokumentasikan dan melaporkan,” pintanya.

Musyafak menyampaikan, kebutuhan akan akses informasi sudah menjadi keharusan. Karena itu kebutuhan akan aplikasi ini tidak bisa lagi dielakkan dan menjadi tuntutan bagi semua lembaga untuk lebih transparan dan akuntabel.

“Dengan begini semua kita bisa lihat, kegiatan bahkan hingga ke masing-masing unit di Polsek-Polsek,” jelas Musyafak.

Sayangnya saat uji coba pemakaian aplikasi tersebut masih banyak informasi data base yang belum benar-benar dilengkapi dan di update dengan sempurna. Misalnya ketika Kapolda hendak mengecek informasi kegiatan di Polresta Singkawang, ternyata data yang dicari belum dilengkapi. Demikian pula ketika Musyafak hendak membuka informasi di Polsek Pontianak Timur, informasi yang diinginkan juga belum dilengkapi. Baru pada percobaan ketiga ketika Musyafak mencoba membuka informasi di Polsek Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, barulah informasi yang lengkap di dapatkan.

Musyafak memaklumi jika aplikasi tersebut belum bisa maksimal seperti yang diharapkan. Namun ia meminta agar semua data di setiap tingkatan segera dilengkapi.

“Harapannya segera dilengkapi, jadi dengan begitu bisa diketahui langsung misalnya Polsek ini unit Binmasnya melakukan apa pekan ini, bisa di cek dengan ini,” tuturnya.

Saat Rakyat Kalbar mencoba aplikasi berbasis web yang beralamat di kinerjapoldakalbar.net tersebut, ternyata di halaman utamanya membutuhkan user name dan pasword untuk mengakses laman lebih jauh. Artinya aplikasi tersebut masih belum bisa diakses oleh masyarakat umum.

Saat di konfirmasi ke Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Suhadi SW menyatakan, bahwa untuk sementara aplikasi tersebut masih digunakan secara internal Polri.

“Tapi kalau nanti semua sudah berjalan baik, masyarakat akan bisa membukanya,” janji Suhadi.

Namun ia berharap bahwa dengan aplikasi ini, akan memberikan kontribusi dalam peningkatan kinerja polisi melayani masyarakat. Serta juga membangun trust building yang lebih kuat dari masyarakat kepada Polri.

Laporan: Iman Santosa

Editor: Arman Hairiadi

Facebook Comments