Pohon Tumbang Melintang di Tengah Jalan

154
Petugas BLHK-KPK melakukan pembersihan batang pohon yang tumbang di jalan Pancasila--istimewa

eQuator – Sanggau-RK. Akibat hujan deras dan angin kencang yang melanda kawasan Kota Sanggau, sebatang pohon jenis karet di Jalan Pancasila kelurahan Ilir Kota tumbang. Peristiwa yang terjadi Rabu (25/11) sekitar pukul 17.00 itu sempat menganggetkan warga sekitar yang mendengar suara seperti dentuman keras.

Akibatnya, akses lalu lintas dari Jalan Jendral Sudirman menuju Jalan Dewi Sartika menjadi terganggu. Sejumlah pengendarapun terpaksa memutar balik kendaraannya begitu mengetahui pohon tumbang persis berada di tengah jalan. Kabel listrik dan telepon yang tidak jauh dari lokasi, tidak luput tertimpa pohon.

Rasman, 44, warga sekitar yang rumahnya berdekatan dengan lokasi pohon tumbang tersebut menjelaskan bahwa sesaat sebelum kejadian, suasana jalan di sekitar pohon tumbang tersebut sedang sepi karena hujan.

“Memang waktu itu sepi, mungkin karena hujan, tapi anehnya, pohon itu bukan tumbang pelan-pelan, tapi langsung “bruuuk” gitu, “kata Rasman saat ditemui di rumahnya, Kamis (26/11).

Rasman sempat mengira, suara tersebut berasal dari spanduk yang berada di sekitar rumahnya tumbang. “Pas saya cek, pohon rupanya, memang pohon karet tu sudah tua, udah pada keropos, wajarlah tumbang,” katanya.

Tidak ada korban jiwa maupun harta benda dalam peristiwa tersebut. “Untungnya anak-anak sekolah yang mau ke SMP 2 itu lewat sebelum pohon itu tumbang,” timpal Nelly, 33, istri Rasman.

Sebelumnya kejadian, Nelly mengaku sempat membuang sampah ke bak sampah tidak jauh dari rumahnya. “Begitu saya masuk rumah, saya dengar suara keras, saya cek lewat jendela, ternyata pohon karet dekat rumah yang tumbang, untungnya tidak kena rumah,” ujarnya.

Kamis (26/11) pagi, sejumlah petugas dari Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pemadam Kebakaran (BLH-KPK) Kabupaten Sanggau segera melakukan pembersihan dengan memotong secara manual batang pohon yang menghadap jalan dan arus lalu lintas warga. Sekitar pukul 08.00, arus lalu lintas kembali normal. (KiA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here