PMI Gelar Pengobatan Gratis di Desa Manggala

247
Pengobatan Gratis. Asisten Ekonomi dan Kerakyatan melepas tirai plang rumah sehat PMI Melawi sebagai tanda dimulainya pengobatan gratis selama satu minggu di Desa Manggala, Kecamatan Pinoh Utara. Sukartaji/RK.

eQuator – Nanga Pinoh-RK. Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Melawi dan Provinsi Kalbar menggandeng dokter serta perawat untuk memberikan pelayanan pengobatan gratis. Warga pun diminta untuk memanfaatkan kesempatan pengobatan gratis tersebut.

“Pengobatan gratis ini dilakukan dengan tiga kegiatan pokok,” ucap Wakil Ketua PMI Kabupaten Melawi, Paulus, kemarin saat membuka acara pengobatan gratis PMI Kabupaten Melawi, di Desa Manggala, Kecamatan Pinoh Selatan, kemarin.

Dia memaparkan, ketiga bentuk kegiatan tersebut yakni rumah sehat pengobatan gratis yang berada di simpang Mangala di salah satu ruko. Di rumah sehat ini ada berbagai peralatan medis dan obat-obatan yang dipergunakan untuk memberikan pelayan kepada warga.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 minggu yang berakhir pada 23 Desember mendatang. Pelayanan dibuka sejak pukul 09.00 sampai 17.00. Berbagai jenis penyakit bisa dicek-up. Bila memungkinkan untuk ditangani maka akan diberi obat.

Kedua, klinik keliling. Klinik Keliling ini rencananya hari ini akan melayani jalur jalan Nanga Pinoh- Ella, di Desa Nanga Kebebu dan sekitarnya. Lalu, Sabtu mendatang akan beredar di jalur Nanga Pintas, Desa Bora sampai Desa Mekar Pelita. Sedangkan, Selasa direncanakan akan melayani warga di jalur menuju Desa Nyangai dan desa sekitarnya.

“Ketiga kita akan melakukan promosi kesehatan di sela-sela kedua kegiatan. Memberikan pemahaman mengenai kesehatan dan pola hidup sehat,” ulasnya.

Menurutnya, ucapan terima kasih kepada Desa Mangala yang telah memberikan kepercayaan PMI Kabupaten Melawi untuk memusatkan kegiatan pelayanan kesehatan di ibu kota Kecamatan Pinoh Selatan. “Sumber dana kegiatan ini berasal dari PMI Provinsi Kalbar. Kita juga mengapresiasi PMI Kalbar,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Pinoh Selatan, Atoy Siswanto mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh PMI. Sebab pengobatan gratis sangat bermanfaat bagi masyarakat Pinoh Selatan. Apalagi, adanya ambulance yang berkeliling untuk memberi pelayanan kesehatan. Tak hanya mengapresiasi kegiatan, Atoy juga siap membantu menyukseskan kegiatan ini.

“Kepada masyarakat, mari kesempatan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Bagi kades yang ada silakan diinformasikan kepada warganya bahwa ada pengobatan gratis di Mangala. Dia sangat berharap warga 12 desa di Kecamatan Pinoh Selatan memanfaatkan fasilitas ini,” harapnya.

Senada, Asisten Ekonomi dan Kerakyatan, Pemerintah Kabupaten Melawi, H. Suhardiman mengharapkan agar warga Pinoh Selatan dan warga lainnya bisa memanfaatkan sebaik-baiknya pengobatan gratis di rumah sehat ini.

Apalagi, pada saat musim kemarau lalu, selama dua bulan warga Melawi terkena bencana kabut asap. Tentunya kondisi ini berdampak buruk bagi kesehatan. Bagi yang masih sakit akibat kabut asap tentunya bisa diobati.

Suhardiman mengapresiasi apa yang dilakukan PMI Kabupaten Melawi yang telah meringankan beban masyarakat tanpa pandang ras. Dia mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Melawi juga mendukung PMI dengan memberikan dana bansos. “Dengan adanya program ini diharapkan mengapresiasi semua pihak untuk membantu sesama,” ulasnya.

 

Reporter: Sukartaji

Redaktur: Andry Soe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here