PLKB Harus Paham Kultur Masyarakat

Bupati: Petugas Lapangan Harus Pantang Menyerah!

83
Alat Penyuluhan. Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali menyerahkan alat penunjang kerja untuk penyuluhan PLKB di sembilan kecamatan di Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (1/11). Syamsul Arifin/RK.

eQuator.co.id – Kubu Raya-RK. Sebagai garda terdepan suksesnya program KB, Petugas Lapangan KB (PLKB) harus paham perkembangan program, kebijakan serta strategi KB terkini. Selain itu, mereka dituntut untuk memiliki tekad serta semangat juang yang tinggi dan pantang menyerah.

“Program KB di Kabupaten Kubu Raya sering dihadapkan pada beberapa permasalahan. Di antaranya rendahnya kualitas dan cakupan pelayanan, rendahnya pemahaman dan pelayanan kesehatan reproduksi remaja. Serta rendahnya pelayanan kontrasepsi bagi keluarga miskin,” ujar Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali saat menyerahkan alat penunjang kerja bagi petugas lapangan KB di sembilan kecamatan di Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (1/11).

Dalam kesempatan itu, H Rusman Ali menekankan, pentingnya peranan PLKB untuk menyukseskan program KB di Kabupaten Kubu Raya. Pasalnya, program tersebut terbukti bukan hanya bermanfaat bagi pengendalian pertumbuhan penduduk, melainkan juga terhadap pengendalian pengangguran, kelahiran dan hidup secara sehat. Sekaligus sangat strategis untuk menurunkan angka kematian ibu, kematian anak hingga pelestarian lingkungan.

“Saya minta agar para petugas lapangan Kubu Raya memahami kultur masyarakat setempat dengan baik. Dengan melakukan pendekatan-pendekatan yang humanis. Bagaimanapun dalam pelayanan kita harus memanusiakan manusia,” lugasnya.

Dengan begitu, mantan anggota DPR RI itu menambahkan, program KB akan mudah disampaikan kepada masyarakat. “Kita harus paham bahwa masyarakat kita masih ada tingkat pemahaman dan pendidikan yang masih rendah. Untuk itu, kita harus melakukan pendekatan yang baik,” paparnya.

Selanjutnya, H Rusman Ali berharap, melalui pelayanan mobile ini, program dapat lebih merata menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Yang pada akhirnya bermuara pada kesuksesan program KB di seantero Kabupaten Kubu Raya.

“Petugas lapangan yang ada di sembilan kecamatan harus melaksanakan tugas dengan baik. Dengan mengedepankan prinsip-prinsip pelayanan secara profesional serta mengedepankan pendekatan-pendekatan kekeluargaan. Sehingga masyarakat lebih mudah memahami dan mengerti pesan-pesan yang akan disampaikan kepada masyarakat,” ulasnya.

Dengan demikian, H Rusman Ali menuturkan, harapan akan peningkatan peserta KB Kabupaten Kubu Raya dapat diwujudkan. “Dan masyarakat Kubu Raya dapat merencanakan keluarga dengan baik menuju keluarga sehat dan sejahtera,” harap Bupati Kubu Raya.

Reporter: Syamsul Arifin

Redaktur: Andry Soe