Pilkades Serentak, Pemkab Alokasikan Rp 800 Juta

184
ilustrasi.

eQuator – Mempawah. Sebanyak 19 desa se-Kabupaten Mempawah akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun ini. Dana sebesar Rp 800 juta telah dialokasikan dalam APBD Tahun 2016 untuk mensukseskan pesta demokrasi, yang akan dilaksanakan setelah masa jabatan kepala desa (Kades) Kepayang dan Ajongan Dalam berakhir.

“Mulai dari persiapan anggaran hingga sarana dan prasarana penunjang pengadaan Pilkades turut dipersiapkan, agar nantinya pelaksanaan Pilkades berjalan lancar tanpa hambatan,” tegas Rizal Multiadi, Kasi Pemdes Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (KBPPPAMD) Kabupaten Mempawah.

Rizal memastikan, anggaran untuk Pilkades serentak sebesar Rp 800 juta sudah dibahas dalam APBD Kabupaten Mempawah Tahun 2016. Persiapan Pilkades memang sudah mulai dilaksanakan. Namun, saat ini untuk proses perencanaannya hingga penentuan waktu pelaksanaan Pilkades belum bisa dipastikan. “Masih menunggu selesainya masa jabatan dua Kades, yakni Desa Kepayang dan Desa Ajongan Dalam,” paparnya.

Dikatakannya, selain menunggu masa jabatan dua Kades berakhir, Badan KBPPPAMD Kabupaten Mempawah sudah melaksanakan persiapan dan perencanaan sejak awal tahun, agar Pilkades dapat berlangsung tanpa hambatan.

Reporter: Ari Sandy

Redaktur: Yuni Kurniyanto