Pesan Chef Yudha, Membersihkan Udang Agar Tidak Amis

103

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Udang merupakan makanan yang disukai banyak orang. Sayangnya, tidak mudah mengolah udang agar menghasilkan kuliner yang sempurna. Agar tidak amis, Chef Yudha Indra Pramanto menyarankan enam langkah yang harus dilakukan ketika membersihkan udang.

Selain bergizi, papar pendiri Atallah Aisyi Catering and Coke Shop Corner, ketika diolah udang akan menghasilkan hidangan yang begitu lezat dan nikmat. Udang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan sesuai keinginan. Hidangan berbahan dasar udang termasuk dalam hidangan yang spesial. Sebab, harga udang cukup mahal dibandingkan seafood lainnya.

Sebelum dimasak atau diolah, tentunya udang harus dicuci atau dibersihkan terlebih dahulu. Namun, kebanyakan orang merasa kesulitan ketika membersihkannya, karena bau amis yang menempel pada udang sulit hilang. “Membersihkan udang memang gampang-gampang susah. Tapi setelah mengetahui tips dan triknya, maka membersihkan udang menjadi kegiatan yang mudah dilakukan,” ujarnya.

Agar pengolahan udang tidak berbau amis, terang Chef Yudha, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan udang yang akan dibersihkan. Masukkan udang yang akan dibersihkan tadi ke dalam wadah. Lalu cuci dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel pada udang.

Setelah udang bersih, selanjutnya rendam udang di dalam air yang sebelumnya sudah ditambah dengan perasan air jeruk nipis sekitar 1 sendok makan. Rendam udang di dalam air selama kurang lebih 5 menit. “Jeruk nipis memang dipercaya ampuh untuk menghilangkan bau amis pada bahan makanan, baik daging, seafood dan lain sebagainya,” terangnya.

Setelah udang tersebut direndam, bisa langsung membuang bagian kulit dan kepalanya. Namun, jika menyukai bagian tersebut jangan membuangnya, dan biarkan saja karena kulit udang juga sebenarnya memiliki manfaat.

Langkah berikutnya, sayat bagian perut udang dengan menggunakan pisau tajam agar daging udang tidak hancur. Sayat perut udang hingga ke bagian ekornya dengan kedalaman 0,5 centimeter. Setelah udang tersebut disayat, maka akan terlihat bagian perut udang yang menyerupai benang hitam.

Kemudian, keluarkan isi perut udang. Caranya, tarik secara perlahan-lahan agar isi perut udang tidak putus. “Jika isi perut putus, akan sulit ketika membuang kotorannya,” ingatnya.

Lakukan serupa, kata Chef Yudha, berlaku semua udang yang akan dibersihkan. Apabila langkah tersebut sudah dilakukan, dan semua udang sudah dibuang kotorannya, bilas udang menggunakan air bersih sebanyak dua kali.

Reporter: Gusnadi

Redaktur: Yuni Kurniyanto