Perpustakaan Kalbar Target Sebar Buku Bacaan ke Warkop dan Kafe

323
ilustrasi. net

eQuator – Pontianak-RK. Kerja sama pelayanan perpustakaan antara Badan Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Provinsi Kalbar dengan beberapa pihak potensial. Yakni menitikberatkan penyebaran buku bacaan mulai dari wilayah perbatasan hingga ke warung kopi dan kafe.
Pelayanan perpustakaan kepada masyarakat di Kalbar, diselenggarakan mulai dari wilayah perbatasan hingga ruang publik. Seperti warung kopi dan kafe.
Sementara itu, Kepala Badan Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Provinsi Kalbar, Ignatius IK mengatakan, kegiatan yang merupakan bentuk kerja sama antara Badan Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Provinsi Kalbar dengan Kodam XII/Tanjungpura, Tim penggerak PKK provinsi, pengurus daerah Bhayangkari dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalbar.
Kerja sama yang dituangkan dalam nota kesepahaman yang resmi ditandatangani Sabtu di Hotel Golden Tulip Pontianak, (12/12).
“Tujuan kerja sama pelayanan perpustakaan tersebut sebagai langkah untuk semakin mendekatkan masyarakat dengan budaya membaca, yang tidak hanya diwujudkan dengan mendatangi perpustakaan daerah di Jalan Letjen Sutoyo,” ulasnya.
Ia menjelaskan, sedangkan jumlah alokasi buku bacaan yang disebar pada wilayah binaan keempat pihak tersebut bervariasi. “Mulai dari 10 hingga 1000 eksemplar dari ratusan judul,” ulasnya.
Sementara, pihak Badan Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Provinsi Kalbar menyatakan pula bahwa kerja sama pelayanan perpustakaan ini juga merupakan langkah untuk turut merangkul pihak luar bertanggungjawab dalam membudayakan masyarakat dengan membaca.
Sementara itu, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar, Karyanti Sanjaya mengatakan, pihaknya menyambut baik dengan kerja sama yang diadakan.
“Termasuk, menekankan pula kepada para orangtua untuk menyukseskan membudayakan gemar membaca,” paparnya.
Ia menjelaskan, orangtua diminta untuk mengajak anak senang membaca buku, baik di sekolah maupun di rumah. Termasuk, dengan rajin berkunjung ke perpustakaan daerah Kalbar secara rutin.
‪Karyanti Sanjaya mengatakan, pihaknya mendorong generasi muda Kalbar untuk aktif membudayakan gemar membaca.
Menurutnya, untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap gemar membaca itu dapat disusun dengan menyelenggarakan kegiatan yang turut melibatkan mereka secara langsung.
“Seperti, dengan adanya peluncuran buku dan komik karya pelajar Kalimantan Barat yang dilaksanakan serentak pada hari penandatanganan nota kesepahaman,” bebernya.
Ia menambahkan, sehingga motivasi gemar membaca dapat terbangun dengan baik dan berdampak pada semakin luasnya wawasan generasi muda Kalbar terhadap berbagai hal. (fie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here