Pembangunan Sirkuit Bertaraf Nasional Mendesak

Audensi Pengprov IMI dan Komisi V DPRD Kalbar

55
AUDENSI. Pengprov IMI Kalbar ketika beraudensi ke Komisi V DPRD Kalbar, Senin (31/7). Zainudin-RK

eQuator.co.id –PONTIANAK-RK. Komisi V DPRD Kalbar, menyambut baik aspirasi yang disampaikan Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalbar. Di mana salah satunya, Kalbar memiliki sirkuit balap motor bertaraf nasional bahkan internasional.

“Jangka pendeknya, mereka akan memperbaiki sirkuit balap motor yang ada di Stadion Sultan Syarif Abdurrahman (SSA),” ujar Wakil Ketua Komisi V DPRD Kalbar Mad Nawir kepada wartawan usai memimpin audiensi dengan Pengprov IMI Kalbar, Senin (31/7) di Gedung DPRD Kalbar.

Pembangunan sirkuit ini akan sulit dimasukan dalam pembahasan perubahan APBD Kalbar 2017. Namun dia berjanji usulan tersebut akan diperjuangkan di APBD murni 2018. Sebab katanya, DPRD Kalbar khususnya Komisi V mendukung sangat usulan ini. “Karena (ketersedian sirkuit) ini sangat mendesak sekali. (Apalagi) mereka (IMI) punya event-event yang sangat luar biasa sekali,” ujarnya.

Jika pembangunan sirkuit yang layak dan representatif terealisiasi, akan berdampak positif pada sektor lainnya. Karena di luar event-event olahraga otomotif, IMI Kalbar juga akan meningkatkan sektor pariwisata. “Sehingga ini juga akan menggerakan perekonomian kita,” jelasnya.

Tidak sebatas audensi kemarin, Politisi PPP ini mengatakan, usulan tersebut akan ditindaklanjuti secara serius dengan melakukan pertemuan dengan anggota lainnya di Komisi V DPRD Kalbar serta sejumlah pihak terkait. “Termasuk dengan instansi pemerintah sepeti Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata serta Dinas PU,” sebut Mad Nawir.

Sementara Ketua Pengprov IMI Kalbar Yuliansyah mengatakan, melalui audiensi ini pihaknya menyampaikan visi misi organisasi dan sejumlah program kerja. Termasuk di dalamnya pengadaan atau pembenahan sirkuit balap motor. Selain pengurus IMI Kalbar, pihaknya juga membawa sejumlah pembalap dalam audiensi tersebut. “Kami dari IMI dan pembalap ini berharap DPRD Kalbar terutama Komisi V membantu memberikan lahan maupun Sirkuit untuk sebagai acuan bagi para pembalap di Kalbar ini,” tuturnya.

Dijelaskan Yuliansyah, di Kalbar masih sedikit sekali sirkuit yang layak untuk event balap motor. Makanya, IMI Kalbar mengusulkan kedepan dapat terwujud sirkuit bertaraf nasional bahkan internasional. “Sekarang ini sirkuit balap hanya ada di Singkawang, di Pontianak belum ada. Kalau bisa direalisasikan, pembalap tidak jauh-jauh berlatih ke Singkawang,” terangnya.

Dalam program jangka pendek yang telah disusun Pengprov IMI Kalbar, rancangan anggaran terdiri dari beberapa item. Pemeliharaan fasilitas jalan di Stadion SSA Rp1.625.520.000, pengadaan timing system Rp1.375.000.000, pembuatan site plan sirkuit balap motor/mobil Rp150.000.000. “Totalnya Rp3.150.520.000,” Jelasnya.

Kedepan kata dia, di area ini juga akan ada sirkuit gokart. “Dengan adanya sirkuit gokart ini, mudah-mudahan bisa menambah hiburan di Kota Pontianak,” tutur Yuliansyah. (zai)